Agar Cepat Sehat, Begini Tips Dalam Merawat Burung Kacer Yang Sakit

oleh -13 views
Burung Kacer
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang memiliki tampilan unik dan juga indah. Namun, tak jarang burung indah tersebut pun kini rentan terhadap berbagai serangan jenis penyakit.

Bagi anda yang memelihara burung kacer namun keadaan burung tersebut pun kini sedang terserang penyakit. Jangan khawatir, diperlukan beberapa tips dalam merawat burung tersebut agar cepat sehat.

Jika kita amati, sifat dan ciri-ciri kacer sakit biasanya memiliki intensitas tubuh yang lemah serta lesu. Hal itu menandakan bahwa burung kacer sedang dilanda penyakit, adapun tips untuk mengatasinya yaitu berikan vitamin sehat pada burung kacer tersebut.

Baca Juga :   Harimau Sumatera, Hewan Endemik Yang Mulai Langka

Biasanya pemberian vitamin dapat dilakukan dengan dosis yang tepat, adapun dosisnya itu diberikan biasanya 1:1 pada pemberian 2 kali sehari. Pemberian vitamin ini cenderung dilakukan pada kurun waktu 2 kali sehari, biasanya waktu tersebut antara pagi atau pun sore hari.

Selain itu, berikan juga pakan dengan kandungan nutrisi dan vitamin seimbang. Pasalnya, burung kacer yang sedang sakit biasanya bisa jadi disebabkan karena kekurangan nutrisi serta vitamin dan manajemen pakan berantakan.

Untuk melawan hal itu, anda dapat memberikan pakan kacer dengan gizi seimbang. Biasanya pakan dengan kandungan gizi lengkap dapat meliputi jangkrik, kroto, hingga buah pisang maupun pepaya. Pemberian pakan ini dilakukan biasanya hingga mencapai 3 kali sehari untuk memenuhi gizi dari burung kacer tersebut.

Baca Juga :   Hewan Kambing Terkena Flu, Ternyata Begini Ciri-Cirinya

Lebih lanjut, dalam melakukan perawatan kacer yang sedang sakit. Dibutuhkan juga pembersihan kandang agar semua virus penyebab penyakit hilang, biasanya pembersihan ini dilakukan dengan mencuci kandang secara berkala.

Lebih jauh lagi, agar tidak semakin parah burung kacer yang sakit. Maka segeralah konsultasikan ke dokter hewan terdekat, hal ini dilakukan agar dapat memberikan pemeriksaan lebih lanjut lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.