3 Daerah Penghasil Tomat Terbesar, Jawa Barat Urutan Pertama

oleh -35 views
buah_tomat
Foto : Panen News

Panennews.com – Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sumber daya alam melimpah. Termasuk juga dalam menghasilkan produk bidang pertanian, salah satunya yaitu tomat.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah yang menghasilkan tomat terbesar. Pasalnya, setiap tahun daerah di Indonesia bisa panen tomat secara besar-besaran. Adapun daerah penghasil tomat terbesar di Indonesia yaitu.

Jawa Barat

Menurut data yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sepanjang tahun 2023, daerah Jawa Barat mampu menghasilkan tomat dalam sekali panennya bisa mencapai kisaran 272, 961 Ton. Sehingga data tersebut cenderung mampu menghantarkan daerah Jawa Barat sebagai penghasil tomat terbesar di Indonesia urutan pertama.

Baca Juga :   Ini Dia Rempah-Rempah Indonesia Yang Banyak Diekspor

Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang, Kediri Probolinggo, hingga Magetan menjadi daerah penghasil tomat terbesar di Indonesia. Menurut data laporan BPS tahun 2023, daerah Jawa Timur ini mampu menghasilkan 102.009 Ton dalam sekali panennya. Selain itu, daerah ini juga bisa menghasilkan panen tomat dalam setahun 2 kali. Oleh karena itu, Jawa Timur ada pada urutan ke-2 setelah Jawa Barat sebagai penghasil tomat terbesar.

Sumatera Barat

Selain Pulau Jawa, Pulau Sumatera tepatnya pada bagian Sumatera Barat juga mampu menghasilkan tomat dalam jumlah yang cukup besar. Pasalnya, data BPS menunjukan daerah tersebut bisa menghasilkan tomat pada setiap panennya hingga mencapai kisaran 98.872 Ton per-tahunnya. Tentunya data tersebut cenderung mampu mengantarkan Sumatera Barat sebagai penghasil tomat terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.