Sering Keliru, Ini Cara Mudah Membedakan Kunyit Dan Jahe

oleh -16 views
kunyit
Ilustrasi Rempah Kunyit - Foto : Pixabay

Panennews.com – Ada banyak aneka ragam rempah-rempah yang terdapat di Indonesia, salah satunya rempah jahe dan kunyit ini. Mengingat, negara Indonesia ini merupakan penghasil rempah terbesar.

Dalam membedakan kunyit dan jahe, banyak sebagian masyarakat sering keliru dalam memilihnya. Pasalnya, bentuk rimpang kedua rempah ini cenderung sama dari berbagai sisi.

Oleh sebab itu, ada berbagai cara mudah dalam membedakan kunyit dan jahe ini yang salah satunya bisa dilihat dari sisi warnanya.

Biasanya kunyit pada permukaan rimpangnya memiliki warna cokelat cenderung kuning, adapun bagian dalam kunyit biasanya memiliki warna kuning terang.

Baca Juga :   Tak Harus Di Area Luas, Temulawak Juga Bisa Ditanam Pada Pot dan Polybag

Selain itu, kunyit juga mempunyai rimpang pada kulitnya yang lebih lembab dengan tekstur cenderung lunak. Pada bagian permukaan depannya juga, biasanya kunyit ini tidak mempunyai percabangan atau bisa dikatakan kunyit mempunyai bentuk lurus.

Serupa dengan kunyit, jahe juga mempunyai bentuk lurus. Namun, jahe ini pada permukaannya memiliki percabangan yang lumayan banyak.

Sementara itu, jahe ini juga mempunyai warna kulit yang berbeda dengan kunyit. Biasanya rempah ini mempunyai warna cokelat lebih pekat dibandingkan kunyit, bertekstur keras dan mempunyai daging berwarna cokelat gelap.

Baca Juga :   Bisnis Minuman Jahe Merah, Mudah dan Murah

Meski mempunyai tekstur keras, namun permukaan kulit jahe ini lebih lembut jika dibandingkan dengan kunyit. Oleh sebab itu, kedua jenis rempah tersebut pun cenderung berbeda dari segi bentuk maupun tampilannya.

Dengan begitu, perbedaan ini bisa dijadikan acuan dalam memilih kedua jenis rempah tersebut. Mengingat, banyak dari kalangan masyarakat tengah keliru dalam memilihnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.