Program Pasar Kangen, Kabupaten Kediri Jadikan Mangga Podang Produk Unggulan UMKM

oleh -27 views
Ilustrasi Buah Mangga
Ilustrasi Buah Mangga - Foto : Freepik

Panennews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menyelenggarakan acara Pasar Kangen mangga podang di Lapangan Kalibelo, Kecamatan Tarokan, Jumat (01/12/2023).

Acara ini juga melibatkan 7 kecamatan, yakni Kecamatan Ngasem, Kecamatan Gampengrejo, Kecamatan Banyakan, Kecamatan Grogol, Kecamatan Tarokan, Kecamatan Semen dan Kecamatan Mojo.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Dr. Mohamad Solikhin M.AP, Ketua Pokja 1 TP PKK Kabupaten Kediri Dra. Dyah Saktiana, Camat se-Kabupaten Kediri dan Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Solikhin menjelaskan bahwa mangga podang merupakan produk unggulan yang ada di Kabupaten Kediri, ini merupakan tugas bersama untuk merawat dan memelihara buah mangga podang agar bisa selalu panen tepat waktu.

Baca Juga :   Jadi Sajian Buka Puasa, Ketahui Ciri-Ciri Timun Suri Berkualitas

“Saya sampaikan kepada bapak/ibu yang hadir di acara ini, kita harus selalu merawat dan memelihara buah mangga podang ini, tentunya ini merupakan tugas dari pemerintah daerah untuk terus mengembangkan produk unggulan mangga podang,” ujarnya.

Mangga podang sendiri merupakan produk unggulan di Kabupaten Kediri. Di pasar kangen sendiri banyak pelaku UMKM yang sudah mengolah olahan mangga podang ini.

Lebih lanjut, ada rendang mangga podang, gudeg mangga podang, brownies mangga podang, selai mangga podang dan masih banyak lagi.

Adapun mangga podang bisa dipanen sekali dalam setahun yaitu diantara bulan September-Desember. Itu merupakan bulan dimana buah mangga podang bisa dipanen dan dinikmati.

Baca Juga :   Lindungi UMKM, Kemenkop UKM : Tak Ada Larangan Warung Madura Buka 24 Jam

“Mangga podang merupakan buah musiman yang hanya bisa dipanen pada saat-saat bulan tertentu, jadi kita harus melakukan inovasi dan kreasi agar disaat tidak musim nya, buah ini tetap bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” jelas Solikhin.

Selain itu, Solikhin juga berharap dengan acara pasar kangen ini tidak hanya sampai disini saja, melainkan nantinya bisa muncul olahan-olahan mangga podang dan bisa dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri mengingat sebentar lagi akan ada bandara.

“Saya berharap dengan kegiatan pasar kangen ini tidak hanya sampai disini saja, melainkan para pelaku UMKM bisa membuat olahan-olahan mangga podang yang bisa dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.