Mengenal Ciri Ikan Cupang Stres, Begini Cara Mudah Untuk Mengatasinya

oleh -14 views
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo - Foto : Pinterest

Panennews.com – Memelihara ikan cupang memang kini tengah menjadi hobi oleh banyaknya kalangan masyarakat. Pasalnya, jenis ikan tersebut memiliki tampilan dengan warnanya yang cenderung indah.

Namun berbeda halnya dengan cupang yang terkena stres, cupang yang stres akan menganggu produktivitasnya sehingga tidak lagi indah dan menarik. Oleh sebab itu, kenali lah ciri-ciri cupang stres hingga cara mengatasinya.

Secara umum, salah satu tanda ikan cupang terkena stres yaitu memiliki ciri-ciri dengan nafsu makan menurun. Biasanya ikan cupang seperti yang kita ketahui, memiliki nafsu makan dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga :   Keberhasilan Budidaya Cacing Sutera Menyokong Produksi Benih Nasional

Namun, jika nafsu makan yang muncul secara tiba-tiba bisa dipercayai bahwa cupang terkena serangan penyakit atau hama yang salah satunya stres ini.

Selain itu, ciri cupang stres juga bisa terlihat dari wujud warna pada kulitnya yang cenderung memudar. Hal ini karena stres dapat menganggu lapisan pigmen kulit cupang menjadi redup, sehingga warna pada kulitnya pun ikut pudar.

Lebih lanjut, tingkah laku yang gelisah juga bisa menjadi salah satu ciri ikan cupang terkena stres. Pasalnya, ikan cupang terkenal agresif dan begitu lincah. Maka tak heran, jika cupang gelisah ini jadi ciri ikan tersebut stres.

Baca Juga :   Tinjau Pelabuhan Perikanan di Cilacap, Menteri Trenggono Minta Digitalisasi Layanan Diperkuat

Sementara itu, cara mengatasi ikan cupang yang stres yaitu dengan memberinya pakan berkualitas dengan gizi seimbang. Biasanya pakan tersebut diberikan cupang dalam kurun waktu 3 kali dalam 1 hari.

Lebih jauh, jagalah selalu kebersihan kolam atau pun habitat ikan cupang agar terhindar dari segala jenis kotoran. Mengingat, habitat yang kotor dan kebersihan tidak terjaga dapat menimbulkan cupang terjangkit stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.