Burung Hantu Sawah Meningkat, Bantu Petani Kendalikan Hama Tikus Di Aceh

oleh -38 views
ilustrasi sawah
Ilustrasi Sawah - Foto : Pexels

Panennews.com – Serangan hana tikus dalam tiga tahun terakhir di sejumlah daerah dilaporkan menurun.

Seiring dengan meningkatnya populasi burung hantu (strigiformes). Salah satunya seperti di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

“Kehadiran burung hantu bermanfaat bagi petani, masyarakat kita himbau agar binatang tersebut dilindungi. Artinya, bila kedapatan jangan memburu atau menembaknya,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Pidie Jaya, drh Muzakkir MP, Senin (11/12/2023).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Muzakkir, meningkatnya populasi burung hantu di wilayahnya, terkait erat dengan ketersediaan makanan yang cukup setiap saat.

Burung dimaksud, awalnya hanya beberapa pasang hasil penangkaran dua Ketua Kelompok Tani yang dibawa pulang dari Demak, Jawa Tengah saat mereka berkunjung kesana awal tahun 2016 lalu. Kemudian Pemkab Pijay meminta petani melakukan pemeliharan.

Baca Juga :   Tips Mencegah Hama Hawar Daun Pada Tanaman Padi

“Tercatat, empat kelompok tani (Poktan) di tiga kecamatan di Pidie Jaya (Meureudu, Meurahdua dan Ulim) yang melakukan pemeliharaan burung hantu. Meureudu, Poktan Udep Beusare Gampong Pulo U dan Poktan Ingin Jaya Meunasah Lhok. Meurahdua yaitu, Poktan Makmu Beurata Gampong Dayah Kruet. Sementara Ulim, Poktan Pulo Beumakmu Gampong Pulo Ulim. Pemeliharaan Sito Alba ini, bertujuan untuk menekan populasi serangan tikus pada tanaman padi yang kala itu kian mengganas” tuturnya.

Memasuki tahun ke empat, lanjut Kadistanpang, populasi atau perkembangbiakan burung hantu terus meningkat. Hal itu tercermin dari tingkat serangan tikus pada pertanaman padi dalam tiga tahun terakhir menurun drastis.

Beberapa petani Meurahdua secara terpisah membenarkan, selama ini serangan tikus pada tanaman padi menurun menyusul meningkatnya populasi burung hantu di persawahan. Konon lagi, puluhan unit rumah burung hantu (Rubuha) bertebaran di persawahan.

Baca Juga :   Kunjungi Kabupaten Subang, Kementan Kendalikan Fungsi Lahan Pertanian

Lebih lanjut, tikus merupakan makanan empuk bagi burung hantu. Dalam semalam, ia mampu memangsa sekaligus melahap tikus antara 7-9 ekor.

Bayangkan saja, jika sebulan lamanya. Makanya, petani meminta masyarakat agar tidak memburu atau menembak burung hantu jika kedapatan di sawah atau di pepohonan termasuk di Rubuha yang tersebar di sawah-sawah.

Selain itu, beberapa petani Ulim dan Meurahdua juga membenarkan, serangan tikus pada tanaman padi dalam tiga tahun terakhir cenderung menurun.

“Karena serangan tikus menurun, sehingga hasil panen meningkat dari sebelumnya yang kerap dihantui binatang pengerat. Malah kala itu, petani kehabisan akal mengendalikannya, sehingga banyak diantara mereka yang memasang arus listrik di sawah untuk menjerat tikus” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.