Poktan Binaan PLN di NTT Berhasil Enam Kali Panen

oleh -62 views
Anggota Kelompok Tani Ca Nai Cako Poco Leok di kebun pertaniannya (Panennews.com/Sony)
Anggota Kelompok Tani Ca Nai Cako Poco Leok di kebun pertaniannya (Panennews.com/Sony)

Panennews.com – Kelompok Tani (Poktan) binaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Ca Nai Cako dari Kabupaten Manggarai, NTT, berhasil panen perdana. Sayuran yang dipanen tersebut diantaranya sawi, pakcoy, kol hingga pohon fanbox.

Ketua Poktan Ca Nai Cako, Endik Epol menjelaskan kelompoknya selama tiga bulan terakhir sudah menggelar enam kali panen dengan keuntungan mencapai jutaan rupiah.

“Dari hasil panen itu bersama anggota kelompoknya telah membuka lahan baru untuk pengembangan hortikultura. Hasil kerja keras kami tidak sia-sia. Semua diborong pedagang sayur mayur dari kota Ruteng dan Labuan Bajo,” kata Endik, Rabu (8/11/2023).

Program hortikultura yang digagas PT PLN UIP Nusra ini jelas Endik, berhasil mengubah lahan tidur seluas 3,6 hektare menjadi sektor pertanian produktif yang ditumbuhi beraneka tanaman hortikultura.

“Hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras yang dilakoni oleh 167 orang kelompok tani Ca Nai Nako binaan PT PLN. Kami apresiasi dan terima kasih kepada PLN,” jelasnya.

Baca Juga :   Panen Melon Inthanon Di Lahan Screen House, Raup Banyak Keuntungan

Bersama anggota kelompoknya, lanjut Endik, secara konsisten mengubah lahan semak belukar menjadi lahan hijau dan asri yang saat ini dikenal sebagai kawasan pertanian terpadu.

Sementara itu General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra, Abdul Nahwan mengatakan Program Desa Berdaya ini menjadi bentuk kontribusi PLN dalam meningkatkan indeks SDM dan perekonomian masyarakat.

“Program Desa Berdaya ini menjadi bentuk kontribusi PLN dalam meningkatkan indeks SDM dan perekonomian masyarakat. Dari 10 kelompok tani yang tersebar enam diantaranya telah dilakukan panen perdana dan hasilnya memuaskan. Semua diborong para pedagang di kebun ini ,” kata Nahwan.

Baca Juga :   Panen Raya Di Jatim Melimpah, Stok Beras Bulan Ramadhan Aman

PT PLN (Persero) lanjut Abdul Nahwan memberikan pendampingan pertanian hortikultura kepada para kelompok tani mulai dari pembersihan lahan, pembuatan bedeng, semai benih, hingga pemasaran hasil panen.

“Kami menmdampingi para anggota kelompok tani, mulai dari pembersihan lahan, pembuatan bedeng, semai benih, hingga pemasaran hasil panen. Kami turut membantu memasarkan hasil panen sayuran hortikultura ke sejumlah pedagang,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan jenis tanaman lain seperti cabai, tomat, terong, timun, seledri, labu suprema, buncis, wortel serta lainnya diperkirakan akan dipanen dalam tiga minggu mendatang.

“Banyak sekali kemudahan selama ini, awalnya para petani cemas akan dijual ke mana semua sayur-sayur ini. Ternyata diborong dalam kebun termasuk dari hotel Berbintang juga datang beli. Puji Tuhan para pembeli juga memuji kualitas sayur binaan PLN,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.