Kartu Tani Sibedas Di Bandung, Bantu Pengadaan Pupuk Hingga Kesejahteraan Petani

oleh -26 views
Petani Dok. Kementan
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Program kartu tani Sibedas, salah satunya merealisasikan pengadaan pupuk ini disambut antusias oleh para kelompok tani di Kabupaten Bandung.

Melalui program unggulan Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna ini, diharapkan pengadaan pupuk dapat menyuburkan lahan pertanian, sehingga produksi pertanian pun meningkat.

Jika produksi meningkat, maka secara otomatis dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan para petani terlebih dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan daya saing bagi para petani di Kabupaten Bandung, khususnya dalam pemasaran produksi pertanian.

“Dengan harapan dapat  meningkatkan dalam bidang daya beli atau keberlangsungan ekonomi masyarakat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggulirkan program kartu tani Sibedas ini merupakan bagian dari  pemberdayaan para petani. Dengan harapan para petani pun melakukan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan usaha bertaninya” ujar Dadang, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga :   Hari Tani Nasional 2023, DPR RI : Jadi Petani Harus Dijamin Untung

Untuk diketahui bahwa, kartu tani Sibedas ini tidak hanya untuk mendapatkan akses bantuan pupuk bersubsidi dari Pemkab Bandung. Tentunya para petani bisa mendapatkan akses bantuan bibit unggul bersertifikat.

Selain itu, akses mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah daerah, asuransi keselamatan kerja petani, pembelian hasil pertanian, pelatihan dan pengembangan usaha tani, serta akses terhadap beasiswa bagi keluarga petani.

Program ini pula dinilai mampu memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani, seperti akses terhadap sarana dan prasarana pertanian, permodalan, dan pemasaran hasil pertanian.

Sementara itu Aceng Anwar, Kelompok Tani Girilaya asal Kampung Ciheulang Tinggi RT 03/RW 17 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang sudah memberikan bantuan melalui kartu tani Sibedas.

Baca Juga :   Rumah Produksi Kerajinan Bambu, Hidupkan Ekonomi Masyarakat NTT

“Saya sudah menerima bantuan dari Pak Bupati Bandung dalam bentuk pupuk. Semoga para petani di Kabupaten Bandung semakin Bedas,” kata Aceng Anwar di Kecamatan Ciparay.

Sama halnya yang dikatakan Siti Jubaedah, anggota kelompok tani Girilaya di Kampung  Ciheulang Tonggoh RT 03/RW 17 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay.

Ngahaturkeun nuhun ka Bapak Bupati Bandung, abdi atos nampi kartu tani Sibedas. Mudah-mudahan kapayunna, para petani semakin maju dan semakin Bedas,” tutur Siti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.