Embung Food Estate Wanajaya, Atasi Kekeringan Lahan Sawah Di Bekasi

oleh -9 views
ilustrasi sawah
Ilustrasi Sawah - Foto : Pexels

Panennews.com – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menilai keberadaan embung yang terdapat di Taman Pancasila Wanajaya efektif untuk mengatasi kekeringan.

Adapun embung tersebut bermanfaat pada area persawahan yang dialami para petani sebagai dampak dari fenomena El Nino yang mengakibatkan kemarau panjang.

“Terkait dengan bencana kekeringan ini, menunjukkan bagaimana sebenarnya kalau ikhtiar itu sungguh-sungguh dengan berbagai cara, ternyata lahan seluas 40 hektar ini masih bisa mendapatkan air dan berproduksi ditengah bencana kekeringan. Memang ini menggunakan teknologi ada delapan pompa yang diaktifkan, juga membuat embung yang menyimpan air hujan kemudian saluran-salurannya dipelihara,” kata Dani Ramdan usai menghadiri kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan Nasional 2023 di Kawasan Food Estate Wanajaya, Sabtu (04/11/2023).

Baca Juga :   Kementan Pacu Talas Beneng dan Produk Turunannya Mendunia

Pj Bupati menuturkan, selain untuk mengairi area persawahan, embung yang dikelola oleh TNI di area tersebut juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan serta menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat bersama keluarga.

“Kita lihat juga bisa untuk usaha perikanan ada yang panen 3 bulan, 6 bulan, pusat wisata juga, jadi kalau setiap daerah mau membuat embung dan menjaga tidak menjadi sempit, tidak menjadi dangkal, saya kira manfaatnya seperti ini jadi penting” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga mendorong agar para petani di Kabupaten Bekasi untuk terus berupaya merawat embung serta saluran-saluran yang ada di area persawahannya, mengingat embung itu sendiri memiliki banyak fungsi selain mengairi lahan sawah di musim kemarau.

Baca Juga :   Tekan Impor, Kementan Genjot Akselerasi Tanam Padi Di Kabupaten Karawang

“Termasuk untuk pengendalian banjir, jadi pada saat hujan besar, ini kan ada sungai di belakang. Jadi ditahan dulu oleh embung ini,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.