Cegah Penyakit Rabies, Ratusan Ekor Kucing Di Pulau Untung Jawa Divaksinasi

oleh -51 views
Kucing Pesia
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu kembali menggelar vaksinasi dan sterilisasi Hewan Penular Rabies (HPR).

Adapun hasilnya ada 241 ekor kucing tengah melakukan vaksinasi rabies. Kali ini kegiatan tersebut digelar di docking kapal Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Sandri Oktama mengatakan, vaksinasi HPR dengan sasaran hewan peliharaan warga maupun bukan peliharaan ini disediakan gratis.

“Selain di lokasi ini, kita juga lakukan vaksinasi secara door to door. Hasilnya ada 241 ekor kucing dengan rincian 109 ekor jantan dan 132 ekor betina,” katanya, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga :   LSD Mewabah, Ribuan Vaksin Dikucur

Lebih lanjut Sandri menjelaskan, sebelum divaksinasi, HPR menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari suhu tubuh, mata dan hidung.

Dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan 12 personel yang terdiri dari enam dokter hewan dan enam paramedik.

“Kali ini kami bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta dan klinik Petlove Center,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain vaksinasi, pihaknya juga menyediakan layanan sterilisasi HPR terhadap 141 ekor kucing dengan rincian 69 ekor jantan dan 72 ekor betina.

Selain itu, Pihaknya juga mengimbau pemilik hewan peliharaan seperti, kucing, anjing, monyet dan musang rutin melakukan vaksinasi agar kondisi hewan tetap sehat.

Baca Juga :   Pemprov DKI Targetkan 5000 Hewan Divaksin Rabies Tahun Ini

“Kegiatan ini kami laksanakan bergiliran di tiap pulau. Selanjutnya di Pulau Payung, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa Dua,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.