Bulog Optimalkan Penyerapan Beras Komersial Di Tingkat Petani

oleh -8 views
ilustrasi beras
Ilustrasi Beras - Foto : Dok. Istock

Panennews.com – Bulog Surakarta berupaya mengoptimalkan penyerapan beras komersial di tingkat petani menyusul masih tingginya harga beras PSO.

“Harga gabah kan masih tinggi ya, di kisaran Rp 7.000, lebih tinggi, dari harga acuan yang ditetapkan pemerintah untuk PSO-nya,” kata Wakil Kepala Perum Bulog Surakarta Andrew R Shahab di Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/11/2023).

Selain itu, Ia juga mengatakan untuk harga acuan gabah di tingkat petani saat ini masih di kisaran Rp 5.000/kg.

Oleh karena itu, Bulog belum dapat melakukan penyerapan untuk beras PSO (public service obligation/kewajiban pelayanan publik).

Baca Juga :   Harga Migor Masih Tinggi, Mendag Lutfi : Pasokan Minyak Goreng Melimpah

Dengan demikian, dikatakannya, hingga saat ini Bulog lebih mengoptimalkan penyerapan untuk beras komersial. Pihaknya mencatat selama satu bulan terakhir beras komersial yang diserap oleh Bulog Surakarta di kisaran 1.000 ton.

Dengan penyerapan yang terus dilakukan, dikatakannya, ketersediaan beras secara keseluruhan oleh Bulog Surakarta di kisaran 13 ribu ton.

“Ini kami alokasikan hingga persiapan masa panen tahun depan, sekitar Februari-Maret. Itu stok Solo Raya,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan tingginya harga gabah di tingkat petani menurut dia disebabkan oleh banyak hal.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Perkembangan Integrated Farming Di Bogor

“Secara teknis salah satu penyebabnya elnino. Akibatnya nggak semua lahan panen bisa panen sesuai perencanaan. Kalau ketersediaan kurang, di pasar nggak melimpah otomatis harga masih tinggi,” katanya.

Meski demikian, diharapkan harga dapat mengalami penurunan seiring dengan penyaluran bantuan sosial yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat.

“Jelang panen biasanya turun. Sesuai program pemerintah ada bantuan pangan juga. Dijadwalkan Desember ada lagi, jelang Natal dan tahun baru dengan bantuan pangan beras dari Bulog. Harapannya bisa menekan harga beras di pasar,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.