Bina Ketahanan Pangan Anggota Kodim 1605/Belu Panen Raya di Lahan Koramil Haekesak

oleh -5 views
Anggota Kodim 1605/Belu bersama masyarakat melakukan panen raya padi (Panennews.com/Sony)
Anggota Kodim 1605/Belu bersama masyarakat melakukan panen raya padi (Panennews.com/Sony)

Panennews.com – Jajaran Komando Distrik Militer 1605/Belu melaksanakan kegiatan panen raya padi, jagung dan cabai pada lahan Koramil 1605-08/Haekesak.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama kelompok tani (Poktan Rajawali) binaan Babinsa Desa Tohe, Sertu Dominggus Pereira Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu NTT, Rabu (15/11/2023).

Panen raya jagung, padi dan cabai ini merupakan bagian dari pembinaan ketahanan pangan di wilayah Kodim 1605/Belu untuk membentuk aparat teritorial yang profesional dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah.

Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi,S.T melalui Pasiter Kodim 1605/Belu Kapten Inf. Wagino di lokasi panen raya mengapresiasi Babinsa Sertu Dominggus Pereira yang telah melakukan pembinaan ketahanan pangan di wilayah binaannya bersama kelompok tani Rajawali.

Baca Juga :   Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba

“Ada dua jenis tanaman pangan utama yang kita panen dan satu tanaman holtikultura yaitu padi seluas 2 Ha, Jagung 1 Ha dan cabai 1 Ha. Ini semua berkat kerja keras usaha Babinsa dalam membina kelompok tani di wilayah ini dalam mewujudkan ketahanan pangan wilayah ,” kata Kapten Wagino.

Pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Babinsa ini jelas kapten Wagino merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pasalnya dalam kegiatan ini Babinsa sebagai aparat teritorial membantu petani menyiapkan lahan dan terjun langsung mendampingi hingga panen tiba.

“Kegiatan ini dilakukan bersama antara TNI dan petani melalui hal ini Babinsa ini sebagai upaya meningkatkan ketersediaan pangan. Selain itu membantu meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah terkait ketahanan pangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Tebar 2000 Bibit Ikan Nila, Bangka Tengah Tingkatkan Produksi Perikanan

Menurutnya sasil panen dinikmati oleh petani itu sendiri. Oleh karena itu, kedepannya agar lebih ditingkatkan lagi dengan cara memperluas areal lahan.

Selain itu, perlu koordinasi dengan PPL untuk perawatan dan pemupukan tanaman untuk ditingkatkan meningkatkan kualitasnya

Kedepan kapten Wagino berpesan dan berharap kepada seluruh anggota Babinsa agar lebih proaktif lagi mengajak dan membina masyarakat yang ada di wilayah binaan masing-masing.

“Karena denggan demikian membantu pemerintah menyukseskan program ketahanan pangan nasional yang saat ini sedang digalakkan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.