Mengenal Karoko, Jamur Konsumsi Dengan Tekstur Empuk Tinggi Protein

oleh -27 views
Dry Mushrooms isolated on white background , Healthy Food.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Karoko merupakan salah satu jenis jamur yang keberadaannya dapat ditemukan pada wilayah iklim tropis. Jamur ini biasanya tumbuh diatas batang kayu, meskipun begitu namun jamur ini bisa dikonsumsi.

Jamur dengan nama Ilmiah Auriculia Delicata ini termasuk ke dalam suku famili dari Auriculiaceae. Spesiesnya ini masih juga satu keluarga dengan jamur hitam atau jamur merah.

Secara morfologi, jamur karoko ini mempunyai ukuran yang cukup panjang 5 – 7 cm. Biasanya dengan ukuran panjang tersebut, jamur ini juga memiliki ukuran lebar yang berkisar antara 7 hingga 10 cm.

Baca Juga :   Budidaya Jamur Tiram Terserang Hama Bekicot, Begini Cara Mengatasinya

Bentuknya cenderung bulat dengan bagian tengahnya dilengkapi dengan serat-serat bolong, adapun lazimnya jenis jamur ini memiliki warna cokelat. Namun, saat ini banyak beredar jamur tersebut memiliki warna cokelat cenderung krem.

Selain itu, jamur yang berwarna cokelat ini juga memiliki tekstur yang dinilai lebih empuk dibandingkan jenis jamur lain. Adapun tekstur empuk ini, biasanya lebih nikmat jika dikonsumsi. Pasalnya, jenis jamur ini memiliki kandungan nutrisi sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sementara itu, kandungan nutrisi dari jamur karoko ini berupa protein, karbohidrat, hingga sejumlah serat. Namun, kandungan proteinnya hampir lebih dominan bahkan bisa dibilang lebih tinggi. Oleh sebab itu, banyak orang menilai bahwa jamur karoko ini tinggi akan kandungan proteinnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.