Hiu Goblin, Biota Laut Yang Tersebar Luas Di Samudera Atlantik

oleh -13 views
A shot of the beautiful wild great white shark underwater
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Hiu goblin merupakan salah satu biota laut yang mungkin sudah tidak asing lagi oleh telinga masyarakat. Hiu ini biasanya banyak tersebar di kawasan perairan hingga kawasan pedalaman laut.

Biota laut ini memiliki nama Ilmiah Mitsukurina Owstoni yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Mitsukurinidae. Adapun hiu ini juga memiliki nama lain dengan sebutan hiu berjumpai atau bermulut besar.

Secara morfologi, ukuran panjang tubuh hiu goblin tercatat kisaran antara 5,4 – 6 meter. Umumnya, hiu goblin dengan jenis jantannya dapat memiliki panjang tubuh berkisar antara 5 meter. Sedangkan jenis betinanya bisa mencapai kisaran antara 3 meter.

Baca Juga :   KKP Dorong Pengembangan Budidaya Komoditas Udang Windu

Namun, saat ini kebanyakan spesies hiu goblin memiliki ukuran panjang tubuh berkisar 6 meter.

Selain itu, hiu ini juga memiliki sirip ekor yang cenderung panjang tanpa cuping pada sekitar perut, biasanya sirip tersebut memiliki warna abu cenderung kebiruan.

Adapun hiu golbin ini memiliki warna pada seluruh tubuhnya yaitu warna silver hingga kemerahan, biasanya warna tersebut dapat berubah seiring waktu atau usia tua mudanya.

Sementara itu, habitat dari biota laut ini dapat hidup di zona kedalaman berkisar antara 270 hingga 960 meter kedalaman laut.

Baca Juga :   Polsek Denpasar Utara Serahkan Bantuan Pipanisasi Air Bersih Di Eco Wisata Uma Palak Kelurahan Peguyangan

Di samping itu, penyebarannya cukup terbilang luas mulai dari Samudera Atlantik, Samudera Hindia, Teluk Meksiko, hingga mencapai Fasifik Barat.

Meski begitu, biota laut hiu golbin ini memiliki habitat dengan penyebaran luas dan spesies terbanyak pada kawasan sekitaran perairan Samudera Atlantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.