Dijamin Hasilnya Banyak, Ini Cara Ternak Jangkrik Untuk Pakan Burung

oleh -37 views
Hand feeding a chickadee that landed on my hand.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jangkrik merupakan salah satu jenis serangga kecil yang cukup populer sebagai pakan burung. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat tengah membudidayakan jangkrik.

Mengingat, jangkrik tersebut saat ini tengah melambung tinggi harganya. Hal ini jadi salah satu alasan banyak orang tengah ternak jangkrik. Namun, sebagian orang telah kebingungan bagaimana cara ternak jangkrik agar hasilnya banyak. Adapun cara ternak jangkrik tersebut antara lain.

Membuat Kandang

Cara pertama dalam melakukan ternak jangkrik yaitu dengan membuat kandang. Biasanya kandang untuk jangkrik dapat berukuran kisaran antara 100×60 cm, adapun bahan atau material kandang untuk jangkrik biasanya dari triplek atau papan kayu. Hal ini untuk memaksimalkan budidaya jangkrik, sehingga jangkrik tersebut berkembang produktivitasnya.

Baca Juga :   Kementan Remajakan RPH Untuk Perkuat Hilirisasi Peternakan

Pemilihan Bibit Jangkrik

Cara berikutnya yaitu lakukan pembibitan jangkrik dengan pemilihan bibit jangkrik yang tidak cacat, hal ini untuk memaksimalkan ternak jangkrik agar tumbuh secara sehat dan tidak mudah mati. Biasanya bibit jangkrik yang tidak cacat memiliki kriteria fisik lengkap. Selain itu, usia bibit jangkrik yang potensi untuk di ternak juga memiliki usia berkisar antara 10 – 12 hari.

Mengawinkan Jangkrik

Setelah pemilihan bibit jangkrik, lalu kawinkan jangkring antara jenis jantan dan jenis betina. Adapun pengawinannya ini disarankan untuk berpisah dari kandang atau habitat aslinya, agar tidak tercampur dengan yang lainnya. Saat mengawinkannya, masukkan indukan jantan dan betinanya dengan perbandingan 10:2. Hal ini untuk memaksimalkan jangkrik berkembang biak dengan mengeluarkan anaknya.

Baca Juga :   Mentan SYL Ajak Peternak Di Bogor Penuhi Kebutuhan Daging

Membesarkan Jangkrik

Setelah jangkrik dikawinkan dan mengeluarkan anaknya, maka cara selanjutnya yaitu membesarkan jangkrik. Dalam membesarkan anak jangkrik, anda disarankan untuk memilih pakan untuk jangkrik dengan sayuran hingga buah-buahan. Berikan pakan itu berkisar 2 hingga 3 minggu lamanya, hal ini untuk membuat anak jangkrik cepat besar hingga masa panennya. Lebih lanjut, jangkrik yang sudah diberikan pakan anda dapat memanennya dalam kurun waktu 1 bulan hingga 2 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.