Dijamin Ampuh, Begini Cara Mencegah Serangan Jamur Pada Ikan Hias

oleh -18 views
Ikan Koki
Foto : Getty Images

Panennews.com – Memelihara ikan hias jika tidak dirawat secara baik, maka lebih rentan terhadap serangan berbagai hama penyakit. Salah satu hama penyakit yang menyerang ikan hias yaitu jamur.

Biasanya berbagai ikan hias cukup lumayan rentang terserang jamur, sehingga hal ini tentunya sangat menganggu produktivitas ikan hias. Agar tidak terjadi demikian, ada beberapa cara dalam mencegah jamur pada ikan hias.

Secara umum, cara pertama yaitu dengan membersihkan akuarium atau kolam ikan hias secara teratur. Biasanya pembersihan kolam ini dapat dilakukan dalam rentan waktu yang berkisar antara 1 minggu 1 kali.

Baca Juga :   Jaga Populasi Ikan, KKP Lepasliarkan 50 Ribu Ikan Di Kali Ciliwung

Lebih lanjut, dalam membersihkannya juga harus sebersih mungkin. Hal itu untuk menghindari kotoran-kotoran yang menyebabkan jamur menyerang ikan hias, biasanya pembersihan habitat ikan dapat menggunakan busah atau spons untuk hasil yang bersih maksimal.

Selain itu, lakukan juga pergantian air secara rutin. Mengingat, air yang tidak diganti dalam tempo yang cukup lama dapat mengundang virus atau bakteri penyebab jamur. Oleh karena itu, begitu pentingnya mengganti air secara rutin dan ini merupakan salah satu cara dalam mencegah ikan hias terserang jamur.

Baca Juga :   Nelayan Jepara Dikucur Bantuan Senilai Rp3,6 M

Lebih jauh, cara selanjutnya yaitu berikan ikan hias pakan dengan kandungan gizi lengkap. Biasanya pakan tersebut mengandung sejumlah gizi seperti protein dan beberapa vitamin yang cukup memenuhi gizi ikan hias.

Adapun pakan dengan kandungan gizi lengkap, biasanya dapat meningkatkan imunitas tubuh ikan. Sehingga ikan tersebut tidak mudah terserang oleh penyakit seperti jamur ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.