Ciptakan Sistem Perbankan, DPR Sebut Bisa Putar Ekonomi Bisnis Petani Hingga Nelayan

oleh -15 views
Petani Dok. Kementan
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mendorong sistem perbankan yang memfasilitasi para petani, peternak dan nelayan untuk mandiri dalam berusaha.

Misalnya, menurut Puan, dengan membentuk atau mengalihfungsikan bank milik pemerintah untuk fokus melayani nelayan, petani dan peternak.

“Melalui sistem perbankan yang bersahabat pada nelayan, petani dan peternak, kita berharap hal tersebut dapat menjaga kedaulatan pangan. Dengan begitu, roda perekonomian akan berputar dan produksi pangan pun meningkat,” ujar Puan di Jakarta Rabu (18/10/2023).

Baca Juga :   Festival Javaeast Coffee, Momen Jatim Berbagi Manfaat Segelas Kopi

Terkait melonjaknya harga beras dan gula, Puan mendorong Pemerintah daerah untuk memperbanyak operasi pasar murah. Ia menilai, operasi pasar dapat mengatasi gejolak pasar akibat adanya krisis pangan menyusul fenomena El Nino.

“Fenomena alam El Nino ini sedang mengancam dan kita tidak tahu kapan akan selesai, imbasnya tentu pada produksi bahan kebutuhan pokok menurun, khususnya produksi pangan beras yang pada akhirnya berdampak pada kenaikan harga” sebut Puan.

Lebih lanjut, DPR juga minta pemerintah mengadakan giat operasi pasar murah secara rutin, agar memberi dampak langsung ke masyarakat.

Baca Juga :   BI Memperkirakan Penjualan Eceran Bali Terus Meningkat

“Oleh karena itu harus ada intervensi. Termasuk Pemda juga perlu memberi peranan dalam mengatasi kemungkinan krisis pangan dengan menggelar operasi pasar murah. Jika bisa dilakukan secara rutin, hal ini tentu akan berdampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.