Cegah Kekeringan, Petani Di Bekasi Terus Lakukan Pompanisasi Ke Lahan Pertanian

oleh -9 views
ilustrasi sawah kering
Ilustrasi Lahan Pertanian yang Kekeringan - Foto : Pexels

Panennews.com – Dinas Pertanian dan petani terus melakukan pompanisasi hingga normalisasi pada saluran sungai untuk memaksimalkan pengairan guna menanggulangi kekeringan di wilayah pertanian di Kabupaten Bekasi.

Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo menyampaikan pihaknya sampai saat ini telah melakukan pompanisasi di sejumlah wilayah seperti di Desa Sukakarya, Kecamatan Sukakarya.

“Ya kita sampai saat ini masih melakukan upaya pompanisasi ada di Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan, kemudian Desa Sukaasih dan di Kecamatan Sukatani itu di Desa Sukahurip,” jelas Dodo di kantornya, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Jumat (20/10/2023).

Baca Juga :   Ratusan Hektar Kolam Budidaya Ikan di Sleman Terdampak Kekeringan

Selain itu, mengenai ketersediaan pangan di Kabupaten Bekasi, ada beberapa yang telah panen padi seperti di Kecamatan Bojongmangu.

Berdasarkan pantauan tim lapangan, ada di 3 Desa yaitu di Desa Karangmulya, Bojongmangu dan Sukabungah Kecamatan Bojongmangu.

“Ada 20 hektar sawah yang sudah dipanen di beberapa minggu lalu di Kecamatan Bojongmangu, alhamdulillah menghasilkan 1 hektar 6 ton,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dodo menambahkan pihaknya terus mendorong para petani bersama petugas TPOP (Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan) melakukan normalisasi di saluran sekunder untuk mengairi wilayah pertanian di Desa Sukaasih Kecamatan Sukatani.

Baca Juga :   Kementrian Bidang Kemaritiman dan Investasi di Pimpin oleh Menko Luhut Binsar Pandjaitan

“Di mana saluran SS Jagawana ini mengairi sawah di Desa Sukaasih, Sukatani, ini merupakan upaya penanggulangan dampak kekeringan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.