Cara Mudah Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan Patin Budidaya

oleh -21 views
Ilustrasi Kolam Ikan
Ilustrasi Kolam Ikan - Foto : Pinterest/@AOKHI

Panennews.com – Cara mudah untuk meningkatkan produktivitas ikan patin budidaya, salah satunya yaitu menjaga kualitas air agar selalu bersih.

Pasalnya, dengan menjaga kualitas air tersebut menjadikan ikan patin tetap terjaga kesehatan dan tentunya meningkat tumbuh kembangnya.

Untuk itu, ketahui lah cara mudah dalam menjaga kualitas air kolam ikan patin. Hal ini dengan menggunakan filter air untuk membersihkan kotoran pada kolam budidaya, biasanya cara ini cukup lumayan ampuh. Dengan filter tersebut, air kolam tentu terjaga kebersihannya sehingga kualitas air tetap terjaga.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Dukung Pengembangan Potensi Perikanan Di Jember

Selain itu, pahami juga manajemen kualitas air pada kolam dengan menjaga pH air agar selalu terjaga. pH air dalam kolam memang menentukan kualitas air, biasanya pH air yang baik untuk budidaya ikan patin berkisar antara 6,5 dengan kisaran suhu air berkisar antara 30 derajat celcius.

Oleh sebab itu, pH air dan suhu dengan ukuran tersebut harus lah terjaga dengan baik. Agar kualitas air kolam budidaya ikan patin tetap sehat dan tidak tercemar oleh penyakit apapun.

Baca Juga :   Mengenal Ciri Khas hingga Masa Panen Ikan Hampala

Lebih lanjut, cara untuk menjaga kualitas air kolam budidaya patin selanjutnya yaitu tidak memberinya pakan secara berlebih.

Pasalnya, pemberian pakan berlebih dapat memberikan dampak sisa-sisa makanan dalam kolam, sehingga kualitas air nantinya ikan tercemar akibat sisa-sisa makanan tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk memberi pakan ikan patin secukupnya dan jangan memberinya pakan dalam intensitas berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.