Atasi Penyakit Sisik Nanas Yang Menyerang Ikan Cupang Dengan Cara Ini

oleh -22 views
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo - Foto : Pinterest

Panennews.com – Memelihara ikan cupang tidak terlepas dari gangguan penyakit yang kerap menyerang ikan tersebut. Salah satunya penyakit yang kerap menyerang cupang yaitu sisik nanas.

Adapun penyakit sisik nanas ini terjadi karena bakteri yang membuat ikan cupang mengalami masalah dalam saluran pencernaannya.

Gejalanya yaitu ikan tersebut terganggu sistem pencernaannya yang membuat ikan tersebut lemas dalam bergerak, terlebih parahnya lagi ikan cupang dapat menyebabkan kematian.

Agar tidak terjadi hal demikian, maka penyakit sisik nanas ini harus segera di atasi. Adapun cara mengatasi penyakit tersebut yaitu salah satunya dengan memberikan pakan terbaik dan berkualitas.

Baca Juga :   Ini Dia Ciri-Ciri Ikan Koi Stres Yang Wajib Diketahui

Biasanya pakan berkualitas mengandung senyawa nutrisi yang cukup lengkap, dimulai dari protein, karbohidrat, dan juga berbagai variasi vitamin untuk memenuhi kebutuhan gizinya sehingga ikan cupang tidak mudah terserang penyakit tersebut.

Selain itu, pergantian air pada kolam atau habitat ikan cupang juga jadi cara untuk mengatasi penyakit sisik nanas ini.

Pasalnya, dengan pergantian air secara berkala dapat menghilangkan kotoran atau bakteri penyebab penyakit tersebut.

Lebih lanjut, adapun pergantian air ini dapat dilakukan secara rutin pada kurun waktu yang berkisar antara 1 minggu 1 kali.

Baca Juga :   Stok Ikan Melimpah, KKP Serap Hasil Tangkapan Nelayan Di Aceh

Namun, jika air tersebut telah kotor sebelum 1 minggu maka disarankan untuk melakukan pergantian air secepatnya.

Lebih jauh, untuk mengatasi penyakit sisik nanas ini bisa juga dengan memberikan vitamin tambahan setelah pemberian pakan ikan.

Hal ini untuk memberikan kesehatan lebih lanjut untuk ikan cupang agar tidak terserang berbagai jenis penyakit salah satunya penyakit sisik nanas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.