150 Ton Beras Asal Sulawesi Selatan, Pasok Kebutuhan Warga NTT

oleh -23 views
beras
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian Makassar melalui wilayah kerja Pelabuhan Laut Paotere melakukan pengawasan dan pemeriksaan.

Adapun pemeriksaan ini terhadap 150 ton beras yang akan berangkat menuju Waingapu, Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai salah satu Provinsi yang masuk kedalam lumbung padi nasional, Sulawesi Selatan tentu mencatatkan produksi beras terbesar untuk masyarakat Indonesia.

“Mayoritas beras yang dikirimkan melalui pelabuhan Paotere ini masuk untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten lain yang terdekat dengan Sulawesi Selatan. Sebelum diberanngkatkan tentunya kita akan melakukan pemeriksaan kebenaran jenis dan pemeriksaan fisik untuk memastikan tidak ada OPTK. ,” jelas Hamzah, Penanggung Jawab Wilayah Kerja Paotere, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga :   Tips Menyimpan Susu Sapi Murni, Agar Tidak Mudah Basi

Selain pemeriksaan fisik tentunya juga dilakukan pemeriksaan dokumen apakah sudah sesuai antara data dan keterangan media pembawanya. Setelah pemeriksaan semua selesai baru kita terbitkan KT-12.

“Kita melakukan juga pemeriksaan dokumen, apakah sudah sesuai atau masih belum lengkap. Dan setelah semua selesai, ini nanti akan kita terbitkan semua KT-12” ujarnya.

Sementara itu, menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, Sulawesi Selatan masuk dalam 5 Provinsi penghasil dengan produksi beras tertinggi. Empat provinsi lainnya antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung dan Jawa Tengah.

Baca Juga :   Komisi VI : Kebijakan Impor Daging, Cegah Lonjakan Harga Dipasaran

“Sulawesi Selatan ini masih termasuk ke dalam daerah penghasil beras tertinggi, ini menurut data BPS dalam catatan akhir-akhir ini” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.