Pasang Teknologi Layar Monitor Harga Bapok, Upaya Pemkot Surabaya Cegah Inflasi

oleh -25 views
1105140033
Foto : Dok. Pemprov Jatim

Panennews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya intens melakukan berbagai upaya untuk menekan inflasi.

Salah satunya, dengan pemasangan monitor yang memberikan informasi harga bahan pokok (bapok), di pasar tradisional yang berada dalam pengelolaan PD Pasar Surya.

Saat ini, ada lima pasar yang dipasangi monitor yang memuat harga bapok itu. Yakni di Pasar Wonokromo, Pasar Tambahrejo, dan Pasar Genteng Baru.

“Dua lainnya di Pasar Pucang Anom dan Pasar Pabean,” ungkap Direktur Administrasi Keuangan PD Pasar Surya Sutjahjo, Senin (25/09/2023).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan monitor televisi itu menyuguhkan informasi tentang harga bapok. Misalnya, beras, minyak goreng, dan daging.

Baca Juga :   Rawan Banjir, Kementan Siapkan Pompa Dan Dorong Petani Ikut AUTP

Selain itu, sejumlah komoditas lain juga ditampilkan. Seperti harga ikan, gula, sayuran, cabai, bawang merah, bawang putih dan sebagainya.

“Datanya di-update setiap hari. Tujuannya memberikan informasi kepada pengunjung atau pembeli, berapa rata-rata harga bapok,” terangnya.

Adapun Sutjahjo menyatakan data bapok itu diolah dari hasil survei tim PD Pasar Surya. Setiap hari, tim survei melakukan pemantauan harga, kemudian hasilnya dirata-rata.

Hasil rata-rata itulah yang ditampilkan di layar monitor yang dipasang di pintu masuk pasar.

Sementara itu, Ia juga mengatakan, pemasangan layar monitor ini selain untuk memberikan informasi harga bapok, juga untuk mencegah inflasi.

Baca Juga :   Teknologi Daur Ulang Sampah, Cara Jitu Jaga Kebersihan Laut

Sutjahjo mencontohkan ketika harga rata-rata yang ditampilkan di layar monitor adalah Harga Eceran Tertinggi (HET) atau bahkan di bawah HET, sedangkan ada pedagang yang menjual di atas HET, otomatis pengunjung akan mengetahui.

“Mau tidak mau, pedagang yang masih menjual bapok di atas HET, akan menurunkan harga sesuai dengan harga rata-rata dari hasil survei,” jelas dia.

Ke depan, lanjutnya, pemasangan layar monitor ini akan ditambah. Rencananya, akan ada 29 pasar lagi yang bakal dipasangi layar monitor, yang berisi daftar harga bapok.

“Insya Allah targetnya sebelum akhir tahun ini penambahan 29 layar monitor itu sudah terealisasi,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.