Jaga Laut, 1000 Nelayan Berhasil Kumpulkan Sampah Di Laut

oleh -14 views
bcl 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Program Bulan Cinta Laut (BCL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggerakkan 1.000 lebih nelayan untuk terlibat dalam aksi membersihkan sampah di laut.

BCL tahun ini berlangsung sejak Juli hingga September di 18 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sampah seberat 140 ton pun berhasil dikumpulkan selama aksi ini berlangsung.

“Totalnya ada 1.350 nelayan yang terlibat aktif dalam gerakan ini dan berhasil mengumpulkan sampah untuk jaga kebersihan laut” ungkap Dirjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut KKP, Victor G. Manoppo di Jakarta, Jumat (08/09/2023).

Lebih lanjut, gerakan yang diinisiasi KKP sejak 2022 ini adalah bentuk komitmen untuk memulihkan kesehatan laut dari dampak negatif sampah plastik.

Baca Juga :   KKP Bangun 2 Kapal Pengawas Perikanan Anti Illegal Fishing

Adapun BCL merupakan satu dari lima program Ekonomi Biru KKP untuk tata kelola kelautan dan perikanan maju dan berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Muhammad Yusuf saat membuka BCL di Pantai Purus, Kota Padang kemarin, menerangkan manfaat ekonomi yang diperoleh para nelayan.

Sampah yang dikumpulkan dapat dijual ke pengepul/penggiat sampah sehingga menjadi tambahan pendapatan harian bagi para nelayan dan menciptakan ekonomi sirkular.

“Aksi ini diharapkan dapat terus berlanjut secara mandiri oleh masyarakat nelayan dengan dukungan pemerintah daerah, mitra dan lapisan masyarakat sehingga tujuan menjadikan laut tetap bersih dan sehat dapat terwujud,” harap Yusuf.

Baca Juga :   Pemerintah Pusat Bangun Kampung Nelayan di Lombok Timur

Lebih jauh, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi langkah KKP dan sangat mendukung pelaksanaan program Bulan Cinta Laut. Tahun lalu pihaknya juga terlibat dalam pelaksanaan program bersih-bersih sampah laut ini.

“Kami sangat mendukung program BCL dan berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan serta mampu membawa dampak yang lebih luas kepada masyarakat pesisir di Sumatera Barat. Kepada seluruh nelayan yang terlibat, kami juga memberikan apresiasi karena telah peduli terhadap pengurangan sampah di laut,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.