Cuaca Bagus, Akhir Tahun Hasil Tangkap Ikan Diprediksi Melesat Naik

oleh -51 views
Aktivitas di TPI Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.
Aktivitas di TPI Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Panennews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pati menyebutkan jika penghujung tahun 2023 adalah masa panen bagi nelayan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Alasannya, cuaca sedang bersahabat untuk melaut, sehingga diprediksi hasil tangkap ikan bakal meningkat.

Kepala Bidang Pengelolan dan Pembinaan Tempat Pelelangan Ikan (Kabid P2 TPI) DKP Pati, Soleh mengatakan, bulan September-Desember adalah puncak panen ikan tangkap.

“Januari hingga Juli 2023, sebanyak 8.785.974 kilogram ikan telah didaratkan di TPI. Jumlah tersebut akan meningkat lagi karena cuaca di bulan tersebut sedang bagus-bagusnya, gelombang laut rendah. Kondisi laut dengan cuaca yang baik, ombak kecil sampai sedang, tidak badai,” ujarnya, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga :   Jarang Diketahui, Penyebab Bibit Nila Cepat Mati Dan Cara Mengatasinya

Saat ini, pasokan ikan di pasar masih didominasi oleh nelayan dengan kapal kecil. Mengingat kapal dengan kapasitas GT besar baru berlayar dan akan berlabuh pada bulan September.

“Untuk nelayan Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 711, 712, dan 713 berlayar Mei kemarin. Kalau nelayan WPP 718 baru berlayar akhir bulan kemarin. WPP 711 ini berada di Laut Natuna, WPP 712 terletak di Laut Jawa, WPP 718 terdapat di Laut Arafura, dan WPP 713 berlokasi di Selat Makassar,” tuturnya.

Baca Juga :   Tutup Tahun 2020, Capaian PNBP Perikanan Tangkap Lampaui Tahun 2019

Ditambahkan, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pati tahun 2023 jauh lebih kecil dibandingkan tahun lalu yakni sebesar Rp5,5 miliar. Padahal tahun 2022 ditarget Rp11,96 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.