Susu Ikan, Jadi Daya Saing Produk Perikanan Di Pasar Global

oleh -24 views
thumb_1692157386_WhatsApp Image 2023-08-15 at 15.56.04
Foto : Dok. Kemenkop UKM

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Koperasi UKM (Kemenkop UKM) meluncurkan Susu Ikan sebagai aksi nyata mendorong hilirisasi produk perikanan.

Produk inovasi tersebut berbahan baku ikan yang kemudian diproses dengan teknologi modern hingga menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan (HPI) sebagai bahan baku Susu Ikan. HPI adalah produk inovasi karya anak bangsa Berikan Bahari Indonesia, salah satu UMKM binaan KKP.

“Ini akan menjadi faktor penting dalam mendorong hilirisasi perikanan, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, Senin (21/08/2023).

Baca Juga :   Sering Jadi Pakan Ikan, Begini Ciri-Ciri Pelet Yang Berkualitas

Menteri Trenggono menambahkan, dengan diluncurkannya Susu Ikan akan menjadi pengungkit daya saing produk perikanan, baik di pasar dalam negeri maupun global.

Dikatakannya, produk ini merupakan produk inovasi yang menggabungkan antara manfaat protein ikan untuk kesehatan dengan diversifikasi produk olahan sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk, sejalan dengan program prioritas KKP.

Selain itu, Dia juga menegaskan Susu Ikan menjadi langkah penting guna memastikan kekayaan sumber daya perikanan dengan nilai tambah yang terkandung didalamnya dapat dinikmati oleh masyarakat saat ini dan generasi mendatang.

Baca Juga :   Jadi Komoditas Unggulan, KKP Percepat Hilirisasi Bandeng Di Gresik

“Saya sangat bangga dan bersemangat untuk berbicara tentang produk perikanan yang memiliki banyak manfaat sebagai sumber protein utama untuk mencetak generasi unggul yang cerdas,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Trenggono memastikan KKP berupaya meningkatkan konsumsi ikan dengan mengenalkan ragam diversifikasi produk kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan agar masyarakat, terutama generasi penerus bangsa terhindar dari stunting.

“Susu Ikan ini minuman sehat yang cocok dikonsumsi untuk semua usia, sehingga sangat cocok untuk jadi daya tarik tersendiri di pasar global ” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.