Penyakit Insang Hitam Pada Udang, Begini Cara Mengatasinya

oleh -23 views
Dok. KKP
Dok. KKP

Panennews.com – Penyakit insang hitam merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang berbagai jenis udang. Jenis penyakit tersebut cukup tergolong berbahaya. Oleh karena itu, penyakit ini harus di waspadai.

Biasanya udang yang terserang penyakit ini memberikan dampak yang negatif terhadap kesehatan udang itu sendiri. Adapun dampak utamanya yaitu udang dapat menyebabkan gagal panen. Pasalnya, penyakit ini memberikan gejala insang udang tidak bekerja secara optimal.

Secara umum, penyakit ini berawal karena adanya benda asing yang cukup menganggu insang sehingga insang tersebut terkontaminasi oleh benda asing itu. Oleh sebab itu, insang akan teriritasi sehingga menyebabkan insang terganggu dan cenderung menghitam.

Baca Juga :   3 Jenis Ikan Yang Cocok Dibudidayakan Dengan Habitat Air Payau

Tak berhenti disitu, penyakit ini juga disebabkan karena adanya pigmen yang berlebih pada udang. Adapun pigmen ini merupakan pemberian alami pada udang itu, biasanya pigmen yang berlebih dapat menyebabkan warna insang cenderung menghitam.

Sementara itu, cara mengatasi penyakit ini salah satunya yaitu mengganti air budidaya secara rutin. Hal ini dipercayai dapat mengusir benda-benda yang menganggu udang, sehingga udang akan tetap sehat dan tidak terkontaminasi oleh apapun.

Lebih jauh, hindari juga pemberian pakan secara berlebih sehingga tidak adanya pakan-pakan sisa pada kolam budidaya udang yang menyebabkan kesehatan udang terganggu. Dengan demikian, udang akan sehat dan jauh dari serangan penyakit insang hitam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.