Legislator Minta Perum Perhutani, Lakukan Inovasi Kelola Lahan Hutan

oleh -40 views
SAM_1854
Anggota Komisi VI DPR RI Foto : Saum/Nr

Panennews.com – Anggota Komisi VI DPR RI Subardi menilai PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) dan Perum Perhutani belum optimal dalam mengelola aset lahan hutan yang dimiliki karena masih mengelola dengan strategi yang konvensional.

Sebab itu, ia mengingatkan agar masing-masing perusahaan plat merah tersebut untuk segera berinovasi dengan memanfaatkan lahan yang dimilikinya.

Inovasi, menurutnya, bisa diupayakan dengan memberdayakan masyarakat lokal setempat, memaksimalkan penggunaan teknologi, dan menciptakan produk dengan nilai tinggi. Dirinya pun menegaskan BUMN agar tidak menyia-nyiakan modal yang sudah diberikan negara untuk kemashalahatan publik.

Baca Juga :   Brigdalkarhutla Padamkan Kebakaran di Beberapa Lokasi

“Negara memberikan modal, memberikan bekal, memberikan otoritas lahan yang merupakan untuk kemakmuran rakyat. Potensi lahan yang luar biasa dan potensi sumber daya manusia yang dimiliki sekian ribu itu harus punya nilai tambah, tekad akan mendapatkan keuntungan, sehingga ekonomi secara juga akan bertambah,” ucap Subardi kepada Parlementaria usai Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR ke Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin (24/07/2023).

Selain itu, Politisi Fraksi NasDem itu juga menyampaikan gagasannya kepada kedua BUMN tersebut berupa membangun konsep wisata dengan basis kemitraan dengan kelompok petani atau kelompok pekebun. Kemitraan ini, baginya, akan menghidupkan harmoni antara perusahaan dengan masyarakat sekaligus menciptakan ilklim ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Hadapi Kelangkaan Pupuk, Komisi IV Soroti Revitalisasi Pabrik Pupuk

“Karena kawasan wisata pengelolaanya masih secara konvensional, perlu dilakukan suatu kemitraan yang lebih proporsional. Tentunya dari wisata itu juga akan memberikan dampak yang terbaik bagi perkembangan ekonomi rakyat masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.