Daun Encok, Tumbuhan Liar Obat Alami Penyakit Rematik

oleh -109 views
istockphoto-811276492-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun encok merupakan salah satu tumbuhan liar yang tumbuh pada wilayah iklim tropis. Tumbuhan ini kerap banyak tersebar pada wilayah Indonesia.

Tumbuhan dengan nama Ilmiah Plumbago Zeylanica ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Plumbaginaceae. Di samping itu, tumbuhan ini juga memiliki banyak nama dengan sebutannya ceraka putih dan gondok encok.

Secara morfologi, tumbuhan encok ini memiliki bentuk semak belukar dengan akarnya yang masif. Batangnya berkayu dengan permukaan bercabang hingga beralur, biasanya keseluruhan tumbuhan ini memiliki ukuran mencapai kisaran antara 1 – 3 meter. Adapun warna dari batang tumbuhan ini yaitu coklat cenderung hijau pada permukaan batang yang cenderung muda.

Baca Juga :   Kebiul, Tumbuhan Obat Tradisional Yang Terancam Punah

Selain itu, encok juga memiliki daun dengan bentuknya bulat telur. Biasanya daun tersebut memiliki ukuran panjang yang berkisar antara 2,5 – 10 cm, sedangkan lebarnya berkisar 1 – 6 cm. Di sisi daunnya, terdapat bunga berwarna putih cenderung kuning dengan mahkotanya terdapat 8 mahkota. Biasanya bunga tersebut dapat mekar pada musim penghujan atau setiap dalam keadaan hujan.

Sementara itu, kegunaan daun encok ini sangat familiar untuk digunakan sebagai obat. Pasalnya, ekstrak daun encok ini memiliki senyawa tannin, saponnin, karbohidrat, hingga senyawa lainnya. Terlebih lagi, dengan kandungannya tersebut menjadikan daun encok ini sangat bermanfaat untuk pengobatan yang salah satunya dapat mengobati penyakit rematik secara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.