Petani Seluruh Indonesia, Asah Keterampilan Di Penas Tani XVI 2023

oleh -85 views
IMG-20230613-WA0043-768x512
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Gelaran Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) XVI tahun 2023 berlangsung selama 6 hari pada tanggal 10-15 Juni 2023 di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat.

Adapun salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta PENAS dari seluruh Indonesia adalah rangkaian kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni 11-13 Juni 2023 untuk Peragaan dan Asah terampil serta 13 Juni 2023 untuk Unjuk Tangkas. Setiap provinsi yang ikut serta pada kegiatan ini saling berlomba menampilkan kemampuan dan inovasi pertanian yang dimiliki.

Baca Juga :   Lahan Sawah Di Manokwari Capai 10 Ribu Hektare, Wamentan Sebut Jadi Lumbung Pangan Papua

“Kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil ini menjadi pembicaraan di antara peserta PENAS. Kegiatan ini sudah kami persiapkan sejak lama dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Kami sudah atur sedemikian rupa supaya Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil ini tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi tetapi juga silaturahmi dan bertukar informasi antar-petani,” ujar Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman selaku Ketua II dari kegiatan ini, Selasa (13/06/2023).

Selain itu, Liferdi juga melanjutkan, khusus pada Asah Terampil tahun ini ada yang berbeda, yakni dilakukan secara terbuka dengan pemanfaatan teknologi digital berupa sistem skoring secara langsung dan peserta lomba wajib menggunakan laptop. Hal ini tentu saja merupakan hal baru bagi peserta PENAS XVI Tahun 2023.

Baca Juga :   Manisnya Industri Kakao, Indonesia Jadi Pemasok Rantai Global

Sementara itu, Petani yang berasal dari daerah Papua Selatan, Hariati Gebze, menambahkan lomba ini sangat memberikan pengalaman baru bagi petani. Terlebih nantinya, akan menambah pengetahuan untuk pertanian Indonesia.

“Kami baru pertama kali mengikuti lomba dengan sistem yang baru. Ini merupakan pengalaman baru bagi kami. Ke depannya kami akan tetap semangat dan memantapkan lagi pengetahuan kami di sektor pertanian,” tutup petani tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.