Mentan SYL Ajak Negara G20, Perkuat Kolaborasi Pertanian Berkelanjutan

oleh -44 views
download (34)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak negara delegasi pada G20 India untuk memperkuat penanganan krisis global.

Menurut SYL, langkah tersebut penting dilakukan mengingat saat ini semua negara dalam posisi yang sama, yaitu menghadapi perubahan iklim dunia. Karena itu, dia ingin forum ini menjadi penguat dalam mengatasi setiap persoalan.

“Pada pertemuan ini kita telah mendiskusikan berbagai tantangan di sektor pertanian. Maka itu kita perlu berkolaborasi dalam memanfaatkan setiap peluang untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut,” ujar SYL dalam pertemuan tingkat menteri pertanian di G20 India, Senin (19/06/2023).

SYL mengatakan, saat ini yang harus dilakukan bersama adalah memperkuat komitmen untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi secara merata. Selain itu juga untuk menciptakan pertanian berkelanjutan serta memastikan inklusivitas dalam rantai nilai pertanian.

Baca Juga :   Wujudkan Swasembada Gula, Kementan Kawal Produksi Gula

“Yang pasti kita harus mempercepat transformasi pertanian melalui digitalisasi dan mekanisasi,” katanya.

Meski demikian, SYL mengaku optimis karena setiap topik yang dibicarakan selalu menghasilkan solusi kongkrit yang dapat direalisasikan sebagai tindak lanjut dari berbagai dokumen deklarasi menteri pertanian di forum G20.

“Untuk itu, saya mengajak anggota G20 dapat melanjutkan kolaborasi memperkuat kemitraan dan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di sektor pertanian,” katanya.

Sementara itu, SYL berharap presidensi G20 selanjutnya, yaitu presidensi Brazil dapat memperkuat dan melanjutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai selama ini. Sebagai negara penerus dalam memimpin forum G20 berikutnya, SYL yakin Brazil dapat menghasilkan langkah-langkah yang signifikan dalam mengatasi berbagai tantangan sektor pertanian global.

Baca Juga :   Mentan, Mendag dan Menteri BUMN Lepas Ekspor Produk Pertanian Jatim Senilai 140 Miliar

“Terakhir, izinkan saya mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada semua yang hadir dan berkontribusi dalam Pertemuan Tingkat Menteri Pertanian G20 ini. Saya juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Pemerintah India atas keberhasilan penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pertanian G20 ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.