Ketahui Penyakit Yang Kerap Melanda Ikan Arwana Dan Cara Mengatasinya

oleh -92 views
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red - Foto : pinterest

Panennews.com – Ikan arwana tengah dikenal oleh banyaknya kalangan masyarakat sebagai ikan hias. Pasalnya, jenis ikan tersebut memiliki tampilan unik dengan warna tubuhnya yang cukup cantik.

Dalam memelihara ikan tersebut tentunya tidak terlepas dari serangan berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, bagi anda yang memelihara ikan tersebut harus mengetahui apa saja penyakit yang kerap melanda ikan arwana.

Gigi Ekor

Jenis penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan arwana. Biasanya gejala penyakit tersebut dapat berupa ekor menjadi gatal sehingga ikan arwana menggigiti ekornya. Selain itu, ekornya juga menjadi rusak hingga sobek. Adapun cara mengatasi penyakit ini yaitu ganti air akuarium dalam kurun waktu 1 minggu sekali.

Baca Juga :   Serap Aspirasi Nelayan Pantura, KKP Ingin Seluruh Nelayan Sejahtera

Jamuran

Penyakit ini menyerang pada bagian kulit ikan arwana, biasanya penyakit ini di sebabkan karena air akuarium yang cenderung kotor. Hal tersebut tentunya mengundang jamur sehingga jamur tersebut menyerang ikan arwana, adapun cara mengatasi penyakit ini yaitu jaga kebersihan akuarium. Selain itu, pelihara juga air dalam akuarium agar tidak terkontaminasi oleh kotoran-kotoran hama penganggu.

Sisik Menghitam

Penyakit ini sering menyerang ikan arwana, adapun penyakit tersebut di sebabkan oleh pemberian pakan yang kurang berkualitas. Selain itu, air akuarium yang keruh juga jadi salah satu penyebab ikan arwana terserang penyakit sisik hitam. Adapun cara mengatasinya yaitu beri pakan ikan arwana yang berkualitas. Lebih lanjut, ganti air dalam akuarium secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.