Jarang Yang Tahu, Jenis Tumbuhan Ini Bisa Jadi Pakan Alternatif Lele

oleh -124 views
Group of African Sharptooth Catfish (Clarias gariepinus)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Dalam budidaya ikan lele, pakan alternatif menjadi salah satu solusi untuk menghemat pembelian pakan yang saat ini cenderung tinggi harganya.

Adapun pakan alternatif lele biasanya terbuat dari ampas tahu hingga bahan olahan lainnya. Namun, berbagai jenis tumbuhan ini kerap bisa jadi alternatif pakan lele karena memiliki kandungan gizi tinggi. Adapun jenis tumbuhan tersebut antara lain.

Daun Ubi

Daun dari tanaman ubi ini bisa jadi pakan alternatif ikan lele. Pasalnya, ikan lele sangat menyukai daun tersebut. Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan gizi yang dapat memenuhi produksi ikan lele. Biasanya daun ubi sangat mudah ditemukan pada kebun-kebun hingga rawa secara liar. Oleh karena itu, daun ini bisa jadi pakan alternatifnya.

Baca Juga :   Potensi Ekspor Ikan Nila Ke Belanda, Genjot Kesejahteraan Petani Di Sumedang

Kangkung

Tumbuhan sayur yang kerap di konsumsi oleh masyarakat ternyata juga bisa jadi pakan alternatif lele. Kandungan nutrisi dan vitamin kangkung cukup tergolong banyak, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan tersebut. Selain itu, kangkung juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan cukup mudah keberadaannya. Hal ini tentunya sangat mendukung tumbuhan ini untuk jadi pakan alternatif.

Rumput Azolla

Jenis tanaman paku air ini cukup familiar pada kalangan peternak dan pembudidaya sebagai pakan alternatif ternak hingga ikan budidaya. Pasalnya, azolla ini mengandung protein dan asam amino yang tentunya aman untuk di konsumsi ikan. Selain itu, azolla ini pun juga mengandung beberapa nutrisi untuk lele.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.