Barantan Semarang Lepas Ekspor 50 Ton Porang Ke Tiongkok

oleh -17 views
36Foto Rilis Semarang 13 Juni 2023
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) Semarang secara aktif ikut mendukung program unggulan Menteri Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Komoditas Pertanian.

Adapun salah satu upayanya dengan melakukan pengawalan terhadap proses ekspor porang asal Jawa Tengah.

“Pengawalan ekspor kami lakukan langsung kepada petani, pelaku usaha dan eksportir agar menghasilkan kualitas porang yang layak ekspor dan diterima negara tujuan,” ucap Turhadi Noerachman, Kepala Karantina Pertanian Semarang melalui keterangan tertulis Kamis (15/06/2023).

Selain itu, Turhadi juga menuturkan pada pelepasan ekspor di Kawasan Industri Candi, Semarang kemarin, volume ekspor porang yang difasilitasi penerbitan sertifikat phytosanitary nya sebanyak 50 ton porang dalam bentuk chip kering dengan tujuan Tiongkok.

Baca Juga :   Panen Raya Jagung Di Demak, Pemkab : 50 Persen Produksi Untuk Pakan Ternak

Sementara itu, Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, turut hadir memberikan dorongan kegiatan ekspor komoditas pertanian dari Jawa Tengah agar tembus pasar global.

“Sumber daya alam di Jawa Tengah cukup melimpah, baik produk pangan, hortikultura dan saat ini porang dikirim dalam bentuk setengah jadi, semoga ke depannya kita dapat ekapor produk olahannya. Oleh karena itu produksi harus terus dikembangkan agar bisa menghasilkan jumlah besar,” ujar Hevearita.

Lebih jauh, Turhadi menambahkan, porang kering mengandung nutrisi tinggi, bermanfaat bagi daya tahan tubuh, bahan baku tepung glukomanan, prospektif untuk industri pangan seperti beras, mie, sosis, bakso, roti dan lainnya. Hal ini perlu dipacu agar produk berkualitas dan berdaya saing di pasar global dan merambah ke belahan dunia.

Baca Juga :   Astra Agro : Sawit Jenis Komoditas Pangan Yang Tidak Impor

Lebih lanjut, Karantina Pertanian Semarang mendukung akselerasi ekspor dengan penerbitan Phytosnitary Certificate sebagai jaminan produk yang diekspor sehat, layak dikonsumsi, sehingga tidak akan ditolak negara tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.