Ekonomi Digital Perkuat Ketahanan Usaha Pelaku UMKM

oleh -44 views
63a13c895d751793257208
Foto : Dok. Kemenparekraf

Panennews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ekonomi digital memberikan dampak yang besar bagi pelaku usaha khususnya UMKM dalam memperkuat ketahanan usaha, terutama di era transformasi digital.

Menparekraf Sandiaga saat mewakili Presiden Joko Widodo untuk hadir di acara “Indonesia Time To Speak Up (ITTSU) 2023″ yang berlangsung di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Bali, Rabu (17/05/2023), mengatakan, ekonomi digital telah terbukti membantu ketahanan usaha dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama saat pandemi COVID-19 yang memberikan dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga :   Menkop UKM Paparkan Kemudahan Ekspor Produk UMKM

“Atas nama Presiden, saya mengucapkan selamat pada acara ‘It’s Time To Speak Up’ dan peluncuran digital metaverse 5.0 yang merupakan bagian dari transformasi digital pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan kita fasilitasi,” kata Menparekraf Sandiaga.

Selain itu, pariwisata dan ekonomi kreatif juga menjadi salah satu sektor yang menunjukkan kinerja positif di tahun 2022. Hal ini tidak lepas dari peranan ekonomi digital.

Lebih lanjut, indeks pariwisata Indonesia tercatat naik 12 peringkat ke posisi 32 dalam Travel Tourism Development Index (TTDI). Mengungguli Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. PDB pariwisata Indonesia juga mulai mendekati angka 4 persen dan nilai devisa pariwisata naik menjadi 4,26 miliar dolar AS.

Baca Juga :   Instore Dryer, Solusi Jaga Bawang Di Saat Musim Hujan

“Ini berkat semangat kita bersama, berkat kerja sama kita, gotong royong kita, termasuk penguatan ekonomi digital,” tutup Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.