Bayam Duri, Tanaman Gulma Yang Ternyata Banyak Khasiat

oleh -288 views
istockphoto-1396408915-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bayam duri merupakan salah satu tanaman gulma jenis bayam yang tumbuh secara liar. Biasanya jenis bayam yang satu ini dapat tumbuh liar di pertengahan sawah, ladang, hingga pinggir-pinggir jalan.

Tumbuhan liar dengan nama Ilmiah Amaranthus Spinausus ini masih tergabung ke dalam suku famili bayam-bayaman. Spesiesnya mereka masih tergabung ke dalam satu genus dari Amaranthus.

Secara morfologi, tumbuhan bayam duri ini memiliki batang yang cenderung tegak dengan tingginya dapat mencapai kisaran antara 1 meter. Tumbuhan ini kerap bercabang dan permukaannya mempunyai duri yang cukup tajam, adapun bayam duri ini memiliki daun berbentuk bulat telur memanjang. Adapun daun tersebut berukuran kisaran antara 5 hingga 8 cm dengan ujung tumpul serta berpangkal runcing.

Baca Juga :   Mengenal Hidroton, Media Tanam dari Lempung

Selain itu, bayam duri ini juga memiliki bunga berbentuk bulir yang bercabang hingga bagian pangkalnya. Namun, banyak dari kalangan masyarakat mengenal bayam duri ini mempunyai ciri-ciri duri tajam yang tepat pada bagian batang hingga pangkalnya. Biasanya duri tajam ini dapat berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan hewan pengrusak tanaman.

Sementara itu, bayam duri ini mengandung berbagai macam senyawa yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya senyawa yang terdapat dalam bayam duri dimulai dari tannin, saponnin, hingga karbohidrat. Lebih lanjut, dengan begitu tentunya bayam duri ini memiliki banyak khasiat sebagai pengobatan alergi hingga berkhasiat sebagai pengobatan penyakit kronis dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.