Ayam Berhenti Bertelur, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

oleh -54 views
Ayam
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ayam merupakan salah satu jenis hewan ternak yang saat ini cukup populer dipelihara. Ayam tersebut tidak hanya dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, melainkan telurnya juga bisa dikonsumsi dan banyak peminatnya.

Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki peternakan ayam tentunya sangat disayangkan jika ayam tersebut berhenti bertelur. Dibalik ini tentunya ada beberapa penyebab yang jarang diketahui, adapun penyebab tersebut diantaranya.

Kesehatan Ayam Terganggu

Ayam yang memiliki kesehatan buruk cenderung menurun produktivitasnya, salah satunya tidak dapat bertelur. Pasalnya, jika ayam sakit fungsi reproduksinya kurang baik. Selain itu, saluran reproduksi ayam juga cenderung tidak berfungi, sehingga tentunya ini jadi salah satu penyebab ayam berhenti bertelur.

Baca Juga :   260 Kompartemen Ternak Bebas HPAI, Tingkatkan Ekspor Peternakan

Kualitas Pakan Buruk

Kasus ayam ternak yang berhenti bertelur sering kerap terjadi karena kualitas pakan yang cenderung buruk. Sama seperti jenis ternak lain, ayam juga membutuhkan kualitas pakan terbaik yang penuh kandungan nutrisi serta vitaminnya, sehingga dapat memenuhi produktivitas dari ayam tersebut. Dengan begitu, ayam tersebut akan kembali bertelur lagi karena produktivitasnya kembali baik akibat pakan yang berkualitas.

Kurang Terkena Sinar Matahari

Penyebab ayam tidak bertelur selanjutnya yaitu kurang terkena sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari ini sangat baik untuk kesehatan reproduksi ayam. Selain itu, sinar matahari juga disinyalir dapat menangkal ayam tidak terjangkit stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.