Tips Mudah Mengatasi Ayam Ternak Ngorok Secara Alami

oleh -210 views
Ayam Ketawa
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Bagi anda yang sedang memelihara ayam tentunya penyakit ayam ngorok jadi salah satu masalah. Penyakit ini umumnya menyerang sistem pernafasan ayam yang disebabkan oleh bakteri.

Hal tersebut tentunya menimbulkan suara ketika ayam tersebut tengah bernafas. Namun tidak usah khawatir, penyakit ngorok ini sangat mudah diatasi secara alami dengan cara dan bahan yang tentunya cukup mudah didapatkan.

Adapun tips pertama untuk mengatasi ayam ngorok yaitu dengan potongan bawang putih, bawang ini disinyalir dapat meredakan masalah pernafasan pada tenggorokan ayam. Adapun caranya dengan memarut potongan bawang putih kemudian diambil sarinya lalu campurkan pada air hangat, setelah itu berikan air tersebut untuk diminum pada ayam ternak ngorok.

Baca Juga :   Mengenal Sapi Limousin, Sapi 'Monster' yang Mendunia

Selain itu, tips untuk mengatasi ayam ngorok juga dapat diberikan dengan rebusan air sirih, adapun rebusan air sirih ini disinyalir memberikan saluran pernafasan cenderung lebih lega. Sehingga ayam tersebut tidak lagi mengorok atau terserang penyakit ngorok, adapun rebusan sirih ini dapat diberikan pada ayam dalam intensitas waktu 1 bulan sekali.

Lebih lanjut, air jeruk nipis juga dapat mengatasi ngorok pada ayam ternak dan ini jadi salah satu tips selanjutnya. Pasalnya, air jeruk nipis juga dapat memberikan kesegaran pada saluran pernafasan ayam. Adapun caranya peras air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh lalu diberikan pada ayam yang terserang penyakit ngorok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.