Leunca, Tanaman Dengan Buahnya Sebagai Lalapan Khas Sunda

oleh -326 views
solanum-nigrum-844674__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Leunca merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang dianggap sebagai tanaman gulma. Tanaman ini cukup banyak ditemukan pada daerah iklim tropis maupun sub tropis dengan permukaan tanah lembab.

Tanaman tersebut memiliki nama Ilmiah Solanum Nigrum ini masih termasuk ke dalam famili dari Solanaceae. Di samping itu, tanaman ini juga kerap masih satu kerabat dengan tanaman takokak, kentang, serta terong.

Secara morfologi, tanaman ini memiliki bentuk semak dengan tingginya mencapai kisaran antara 1,5 meter, batangnya tegak lurus cenderung bulat berwarna hijau serta pada permukaan bawahnya terdapat akar tunggang berserabut. Biasanya batang dari tanaman leunca ini memiliki ranting atau percabangan berkisar antara 7 buah percabangan.

Baca Juga :   Agar Bebas OPTK, Barantan Cek Sertifikasi Kayu Gelondong Asal Amerika

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun bersifat tunggal dengan bentuk lonjong, biasanya daun tersebut berukuran panjang berkisar 5 cm. Daun ini terletak diantara batang hingga pangkal rantingnya, adapun diantara daun tersebut tumbuh buah dengan bentuk bulat berwarna hijau serta memiliki tekstur yang cenderung lunak.

Sementara itu, daun dan buah leunca ini biasanya oleh masyarakat wilayah Sunda kerap digunakan sebagai lalapan favorit yang cukup tergolong khas. Pasalnya, buah leunca ini memiliki kandungan serat serta antioksidan yang cukup tinggi. Lebih lanjut, pada sisi lain buah leunca ini juga sangat baik untuk dikonsumsi, sehingga dengan demikian sangat cocok untuk dijadikan lalapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.