Kapolda NTT Bersama Bupati Lembata Panen Jagung Program TJPS di Nagawutung

oleh -7 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Kapolda NTT Irjen Johni Asadoma bersama Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa, Kamis (6/4/2023) melakukan panen jagung perdana, program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) di Dusun Watanlolo, Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata. Luas areal yang dipanen ini 3 hektar.

Saat melakukan panen perdana, Kapolda NTT Irjen Johni Asadoma mengatakan anggota Polri juga selain mengurus Kamtibmas juga ikut menyukseskan program TJPS. Anggota Polri yakni Bhabinkamtibmas dipercayakan menjadi ujung tombak pelaksanaan program ini, mendampingi para petani.

“Anggota kami berdayakan membantu para petani. Program ini sangat bagus. Kenapa dibilang begitu, karena kalau kita tanam jagung, jagungnya kita dapat, batangnya atau bagian-bagian lain dari jagung ini bisa digunakan untuk pakan sapi atau pakan ternak,” kata Kapolda NTT.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Kelengkeng Dengan Mudah

Lebih lanjut, Irjen Asadoma menyebutkan warga setempat patut bersyukur kepada Tuhan karena keringat dan kerja keras selama masa tanam dan perawatan, telah menghasilkan jagung yang cukup bagus.

“Perlu disyukuri karena hasil panen ini cukup bagus. Satu hektar menghasilkan delapan lebih ton. Apabila dijual ini bisa mencapai Rp4 juta. Jadi program yang digulirkan Pemprov NTT ini sangatlah bagus sehingga perlu didukung oleh kita semua,” jelasnya.

Setelah panen jagung, hasilnya diujicobakan melalui mesin pemipil jagung yang disiapkan di lokasi panen. Kapolda NTT Irjen Asadoma diberi kesempatan untuk mencoba alat pemipil jagung.

“Saya minta hasil jagung yang dipanen ini harus dikeringkan lebih dahulu sampai menghasilkan mutuh yang layak sebelum dipasarkan,” katanya.

Baca Juga :   Polda NTB Bantu 77 Ribu Benih Ikan Air Tawar Bagi 6 Kelompok Binaan

Sementara itu Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa mengakui, sampai saat ini masih ada sebagian kecil warga di desa-desa yang masih meragukan program TPJS ini.

“Memang ada sebagian kecil masyarakat yang belum yakin dengan program tanam jagung panen sapi ini. Namun setelah melalui pendekatan dan penyuluhan oleh para penyuluh dan anggota Bhabinkamtibmas, akhirnya semua Desa sudah meulai melaksanakan program ini,” kata Marsianus Jawa.

Ikut dalam Panen jagung perdana ini Kapolres Lembata, AKBP Dwi Handono Prasanto, Kepala Bank NTT Cabang Lewoleba, Petrus Soba Lewar dan Kadis Pertanian serta para Camat dan Kapolsek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.