Fenomena Membahagiakan Vanili Tetap Berbunga di Lombok Utara

oleh -26 views
vanili NTB
Tanaman Vanili - (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Ada fenomena menarik dan para petani berharap baik akan tumbuhnya bunga vanili yang secara terus-menerus terjadi dalam keadaan musim hujan.

Kejadian ini belum pernah dijumpai selama 20 tahun oleh petani vanili di Lombok Utara. Entah penyebabnya karena intensitas hujan yang masih dijumpai meskipun masuk musim kemarau.

Petani Vanili dari Lombok Utara, Mohir mengaku jika vanili nya terus bermunculan. Kalau biasanya, setelah panen harus nunggu beberapa bulan dulu baru tumbuh bunga. Sekarang terus berbunga. Fenomena ini ternyata terjadi se Indonesia. Para ahli masih melakukan penelitian penyebabnya.

Baca Juga :   Kementan Genjot Petani Lakukan Intercropping Di Tanaman Kelapa Dan Jagung

Menurut Mohir, belum diketahui apakah munculnya bunga vanili secara kontinu ini mengindikasikan produksi akan meningkat, atau sebaliknya. Harapannya fenomena ini menjadi tanda baik produksi vanili meningkat karena proses pembuahan terus berlangsung.

“Fenomena ini juga menjadi pembelajaran bagi petani untuk melakukan panen secara selektif terhadap buah-buah yang sudah siap panen. Semoga ini menjadi kabar membahagiakan para petani. Karena pengamatan para ahli juga belum menyimpulkan kondisi ini karena tidak pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.