Daun Jelatang, Tumbuhan Liar Dengan Beragam Manfaatnya

oleh -271 views
stinging-nettle-474357__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Daun jelatang merupakan salah satu jenis tumbuhan liar yang banyak tersebar pada wilayah iklim tropis. Biasanya keberadaan daun tersebut dapat mudah dijumpai pada kebun, pekarangan rumah, atau pun lahan kosong.

Tumbuhan liar dengan nama Ilmiah Laportea Aestuans ini masih termasuk ke dalam suku Genus dari Urticaceae. Dari genus tersebut biasanya banyak dipercayai menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Secara morfologi, tumbuhan ini dapat tumbuh secara bersemak dengan daunnya tergolong kecil berwarna hijau, biasanya daun jelatang terdapat bulu halus yang memang dapat menyebabkan rasa gatal bagi kulit namun daun tersebut dinilai aman. Adapun daun jelatang ini memiliki ukuran panjang yang berkisar antara 7 cm dengan lebarnya dikisarkan 3 cm.

Baca Juga :   Pohon Kamper, Penghasil Kapur Barus Berkhasiat

Selain itu, tumbuhan liar ini juga kerap memiliki tekstur yang lembut dan juga tergolong mudah jika dihancurkan. Meskipun begitu, daun ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup tergolong baik bagi kesehatan maupun untuk pengobatan penyakit-penyakit tradisional.

Sementara itu, kandungan nutrisi daun jelatang ini meliputi zat besi, magnesium, kalium, fosfor, potassium, tannin, bahkan saponin. Di sisi lain, daun ini juga terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, D, B12, hingga vitamin K.

Oleh karena itu, dengan kandungan nutrisi lengkap diatas menjadikan daun jelatang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan seperti mengontrol gula darah hingga mencegah kanker bahkan jantung dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.