Weris, Jenis Burung Khas Sulawesi Yang Terancam Punah

oleh -440 views
istockphoto-177478496-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Weris merupakan salah satu jenis burung endemik Indonesia yang berasal dari Sulawesi. Biasanya jenis burung yang satu ini kerap banyak ditemukan pada wilayah Sulawesi khususnya daerah Minahasa.

Burung tersebut memiliki nama Ilmiah Galliralus Philippensis yang termasuk ke dalam suku famili dari Rallidae. Pada umumnya, banyak dari masyarakat Sulawesi mengenal burung ini dengan sebutan burung mandar.

Secara morfologi, burung weris ini memiliki ukuran panjang tubuh yang berkisar antara 20 cm dengan berat atau bobotnya mencapai kisaran 135 gram, biasanya tubuh dari burung weris ini memiliki 3 warna yaitu coklat, kuning cenderung emas, hingga hitam. Namun, tubuhnya pun didominasikan oleh warna coklat cenderung kehitaman dengan bagian atas kepala berbintik cenderung putih.

Baca Juga :   Cegah Penyakit Rabies, Pemprov DKI Vaksin 150 Hewan Secara Gratis

Selain itu, burung ini juga dilengkapi dengan paruh berukuran panjang yang berkisar antara 27 hingga 30 milimeter, pada sisi lain burung ini memiliki bentuk ekornya pun cenderung memanjang dengan ukuran yang berkisar antara 65 hingga 68 milimeter. Adapun jari-jari kaki pada burung ini berjumlah 4 yang dilengkapi kuku tajam, biasanya jari kaki tajam tersebut dapat dimanfaatkan olehnya sebagai pelindung dirinya.

Sementara itu, habitat umum pada burung ini yaitu dekat dengan sungai, rawa, hingga hutan lebat. Namun, saat ini populasinya atau keberadaannya pun cenderung turun, karena faktor perburuan oleh manusia dan menjadi pemangsa hewan buas. Oleh karena itu, burung weris khas Sulawesi ini sedang terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.