Mengenal Pohon Jeungjing, Penghasil Kayu Albasia Berkualitas

oleh -260 views
albizia-saman-292749__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon jeungjing merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh secara besar dan juga cukup lebat. Biasanya jenis pohon ini dapat mudah dijumpai pada hutan-hutan tropis maupun sub tropis.

Pohon tersebut memiliki nama Ilmiah Paraserianthes Falcataria yang masih termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Namun, spesies pohon ini masih termasuk dan berkerabat dekat dengan pohon sengon.

Secara morfologi, pohon jeungjing ini dapat tumbuh tinggi pada ukuran yang berkisar antara 7 – 40 meter, biasanya pohon ini terdapat batang terlihat lurus dengan bentuknya silindris. Adapun batangnya memiliki cabang yang tumbuh secara bebas, biasanya cabang batang pohon tersebut bisa tumbuh dengan ukuran yang berkisar antara 20 meter.

Baca Juga :   Bakau Hitam, Tanaman Tumbuh Subur Di Hutan Mangrove

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi dengan daun berwarna hijau cenderung terang dengan bentuknya yang elips atau bulat telur, biasanya daun tersebut memiliki ukuran yang berkisar antara 0,5 hingga 2 cm. Adapun daun tersebut tumbuh secara berhadapan pada batang dan juga hingga ranting cabang pada pohon jeungjing ini.

Sementara itu, pohon ini dengan batangnya sangat dikenal sebagai penghasil kayu berkualitas, biasanya kayu dari batang pohon ini banyak dikenal dengan sebutan kayu albasia. Lebih lanjut, tekstur kayu dari pohon ini memiliki keunggulan yang dimulai dari mudah dibentuk hingga tahan lama, sehingga sering dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat dan tentunya sudah terkenal hingga penjuru dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.