Komoditas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Jadi Tren Ekspor NTB

oleh -29 views
udang vaname
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Komoditas hasil pertanian, kelautan dan perikanan asal NTB menjadi tren peningkatan ekspor berbagai jenis ke luar negeri.

Diantaranya, jenis gandum-ganduman dengan tujuan negara Filipina, perhiasan permata tujuan negara Hongkong, Jepang dan Australia.

“Selanjutnya komiditas ikan dan udang tujuan negara Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia. Garam, ke Tailand dan Vietnam. Sementara daging serta ikan olahan tujuan negara Amerika serikat dan Poerto Rico,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Wahyudin di Mataram, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga :   KKP Gandeng Undip, Perkuat Peran Karantina Perikanan

Wahyudin juga menambahkan, BPS NTB menyebut nilai ekspor provinsi NTB year on year (y-on-y) terjadi kenaikan nilai ekspor dari USD 249.50  pada Januari 2022 menjadi USD 258.11  pada bulan Januari 2023. Nilai ekspor NTB mengalami kenaikan sebesar 3,45 persen.

Sedangkan nilai ekspor Provinsi NTB month to month (m-to-m) dari USD 232.32  di bulan Desember 2022 menjadi USD 258.11 di bulan Januari 2023 mengalami peningkatan sebesar 11.10 persen.

“Alhamdulillah nilai ekspor kita mengalami kenaikan yang sangat baik. Ini menunjukkan bahwa produk-produk lokal banyak di minati oleh pasar internasional,” ungkapnya.

Baca Juga :   Ditangan Petani Milenial, Gula Aren Sukses Ekspor Ke Kanada

Ia juga menyatakan, bahwa kelompok komoditas yang mendorong nilai ekspor Provinsi NTB. Diantaranya, bahan galian atau tambang non migas dengan tujuan negara China, Korea Selatan dan Filipina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.