Komisi IV Ungkap Harga Pangan Stabil Jelang Lebaran 2023

oleh -50 views
photo_2023-03-30_20-58-23 (1)
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Foto : Shane

Panennews.com – Menjelang lebaran tahun 2023, ketersediaan dan kenaikan harga pangan selalu menjadi sorotan masyarakat.

Hal inilah yang menjadi prioritas Komisi IV DPR RI untuk melakukan kunjungan kerja dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional.

Dalam Sidak ke Pasar Bulakamba Brebes, Jawa Tengah, Komisi IV menilai harga pangan tergolong stabil, begitu pula dengan ketersediaannya.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi IV, Dedi Mulyadi, meminta masyarakat setempat tidak panik akan ketersediaan pangan jelang lebaran ini.

“Jadi tidak boleh ada kecemasan apapun mengenai ketersediaan barang dan harga. Saya lihat juga harga beras juga relatif stabil ya, 12.000 per kg dan distribusinya lancar. Jadi enggak usah lagi terlalu panik, enggak usah lagi berpikir yang lain-lain, pasar sudah aman dan stabil,”. Ungkap Dedi usai memimpin Kunjungan Kerja Komisi IV ke Pasar Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Kamis, (30/03/2023).

Baca Juga :   Ketersediaan Beras di NTB Aman Hingga April 2024

Selain ketersediaan pangan yang cukup stabil, di Pasar Bulakamba ini harga pangan juga tidak ada yang mengalami kenaikan signifikan.

Mulai dari sembako hingga lauk dan sayuran. Kecuali bawang merah yang dikeluhkan para penjual bawang karena harganya yang naik dan kualitas yang buruk akibat gagal panen.

“Di Pasar Bulakamba, Kabupaten Brebes, yang pertama seluruh harga tidak ada yang mengalami kenaikan ya, dan hampir semuanya rata, stabil, baik harga beras, harga ayam, harga daging, kemudian harga telur, kentang, wortel, buncis, semuanya stabil. Kecuali yang agak mahal justru produk sendiri yaitu bawang merah, akibat gagal panen dan mahal dan kualitasnya juga menurun, bawangnya kecil-kecil banget,”. Ujarnya.

Baca Juga :   Tinjau Pasar Palmerah, Mendag : Harga Cabai Turun, Gula Masih Mahal

Lebih lanjut, Dedi kembali menekankan kepada masyarakat setempat untuk tidak khawatir atas ketersediaan pangan selama ramadhan dan jelang lebaran.

“Kan ketersediaannya stabil, beras yang beras di pasar tuh relatif tersedia dan pasokannya lancar. Jadi ya sudah enggak usah ada kecemasan yang terlalu tinggi, rileks saja,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.