Komisi IV Apresiasi Program Kemendag Stabilisasi Harga Pangan

oleh -39 views
QzpL5Gc4_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Komisi VI DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Perdagangan yang telah berhasil meningkatkan target Domestic Market Obligation (DMO) untuk program minyak goreng rakyat menjadi 450.000 ton per-bulan.

Diketahui, pada periode februari hingga april 2023 dan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah rakyat dan kemasan MinyaKita sebesar Rp 14.000/ liter.

“Kami apresiasi program Kemendag yang berhasil menjaga stabilitasasi minyak goreng melalui program minyak goreng rakyat dan pasokan barang pokok serta mengendalikan potensi kenaikan harga pada hari raya besar seperti bulan puasa dan hari raya idul fitri 1444H/2023,”. Ungkap Wakil Ketua Komisi VI DPR Muhammad Sarmuji di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/03/2023).

Baca Juga :   Jaga Stok Pangan, Cilacap Siapkan 6 Ton Beras SPHP Di GPM

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan pemerintah telah menetapkan target penyediaan DMO untuk periode Februari April.

Adapun langkah tersebut diambil sebagai upaya menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga minyak goreng di pasar.

“Kita tambah tadinya 300.000 ton per bulan DMO-nya kita naikkan, kita tambah jadi 450.000 ton per bulan,”. Ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI.

Selain itu, Zulkifli juga memaparkan pada Februari, total penyaluran DMO minyak goreng rakyat tercatat 360.150 ton atau 36 persen dibandingkan dengan realisasi DMO pada Januari.

Baca Juga :   Stabilkan Harga Pangan, Pemerintah Perlu Benahi Hulu Produksi

Lebih lanjut, Realisasi tersebut terdiri atas minyak goreng curah sebesar 271.339 ton atau 75,34 persen dan 88.811 ton Minyakita atau setara dengan 24,66 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.