Gradiol, Spesies Bunga Indah Yang Jadi Tanaman Hias

oleh -192 views
Natural floral pattern
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bunga gradiol merupakan salah satu jenis bunga yang sangat potensial untuk ditanam dan dibudidayakan. Pasalnya, jenis bunga ini memiliki daya Tarik sendiri karena warna dan tampilannya yang cukup indah.

Bunga dengan nama Ilmiah Gladioulus ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Iridaceae. Spesies dari bunga ini memiliki banyak jenisnya hingga 180 jenis dalam ciri dan karakternya yang cenderung berbeda.

Secara morfologi, tanaman gladiol dapat tumbuh pada wilayah iklim tropis dengan ukuran panjang yang berkisar antara 5 – 7 meter, tanaman ini membentuk akar kontraktil yang akar tersebut berdaging dengan diameter akarnya hingga mencapai kisaran 0,7 cm. Biasanya akar tanaman ini dapat menjalar hingga ke bawah tanah, adapun akar tersebut memiliki warna putih cenderung merah.

Baca Juga :   Jenis Tanaman Ini Cocok Di Tanam Pada Dataran Rendah

Selain itu, tanaman gladiol ini juga memiliki daun berbentuk runcing memanjang dengan ukuran berkisar antara 50 – 80 cm, daun itu tersusun rapi pada batang dan juga rantingnya. Adapun disela-sela daunnya dapat tumbuh bunga jika sudah mencapai usia 8 bulan dari waktu penanamannya, bunga itu disebut bunga gradiol.

Sementara itu, bunga gradiol ini terdiri dari kelopak dan mahkota yang masing-masing terdapat 3 helai, bunga tersebut berbentuk tandan dengan ukuran yang berkisar antara 8 – 10 cm. Adapun bunga gradiol ini memiliki warna ciamik seperti putih, pink, merah, ungu, dan juga jingga, hal tersebut tentunya tergolong indah sehingga bunga ini banyak digunakan oleh sebagian orang sebagai tanaman hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.