Bunga Tembelek, Aroma Tak Sedap Tapi Banyak Khasiat

oleh -203 views
Pink hydrangea close up, French hydrangea, lacecap, penny mac flowers
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bunga tembelek merupakan salah satu jenis tanaman bunga iklim tropis maupun sub tropis. Jenis bunga yang satu ini sudah cukup banyak tersebar hampir seluruh negara-negara dunia.

Bunga tersebut memiliki nama Ilmiah Lantana Cemara yang masih termasuk ke dalam suku famili dari Verbenaceae. Bunga ini terbilang unik dari aroma dan khasiatnya yang sangat dikenal luar biasa.

Secara morfologi, tanaman bunga ini dapat tumbuh pada ketinggian tanah yang berkisar antara 1.700 meter diatas permukaan laut, biasanya pada ketinggian tersebut tanaman ini dapat tumbuh tinggi tegak hingga ukuran yang berkisar antara 4 meter. Adapun batangnya berwarna coklat dengan memiliki percabangan banyak, sedangkan rantingnya sedikit berduri dan berserabut.

Baca Juga :   Hama Antraksnosa Di Pohon Mangga, Ketahui Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi daun dengan bentuknya oval cenderung memanjang, biasanya daun tersebut memiliki warna hijau cenderung terang. Adapun ukuran daun tersebut memiliki panjang berkisar antara 5 cm dengan lebarnya 3 cm, biasanya disekitar daunnya terdapat bunga kecil dengan bentuknya membulat yang disertai perbungaan yang majemuk.

Sementara itu, bunga tersebut memiliki banyak warna yang dimulai dari putih, kuning, oranye, hingga jingga. Lebih lanjut, bunga tersebut memiliki aroma tak sedap atau bau namun disampingnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, biasanya khasiat tersebut dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dimulai dari menyembuhkan luka, menstabilkan darah tinggi, hingga menurunkan resiko kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.