Begini Tips Mudah Stabilkan pH Air Kolam Ikan Budidaya

oleh -83 views
Ilustrasi Ikan Koi
Ilustrasi Ikan Koi - Foto : Pixabay/@DearlyReloved

Panennews.com – Budidaya ikan saat ini memang cukup digemari oleh sebagian kalangan masyarakat. Pasalnya, budidaya ikan tersebut berpotensi baik untuk dijadikan ladang bisnis untuk meraup untung banyak jika budidayanya berhasil.

Agar budidaya ikan tersebut berhasil maka salah satu cara yang dilakukan yaitu menstabilkan pH pada kolam budidaya. Namun, hal banyak dari masyarakat tidak mengetahui bagaimana tips mudahnya, adapun tips mudah menstabilkan pH pada kolam budidaya diantaranya.

Menjaga Kebersihan Kolam

Kolam yang kotor cenderung akan membuat pH air terus berubah-ubah dengan keasaman dan kandungan oksigen pada air. Oleh karena itu, terus lah menjaga kebersihan kolam agar air tersebut tidak berubah. Selain itu, menjaga kebersihan kolam juga dapat membuat air selalu jernih dan tidak keruh.

Baca Juga :   Anggota Satgas Pamtas Yonkav 6 Naga Karimata Berhasil Budidayakan Jamur di Tapal Batas Indonesia –Timor Leste

Beri Pakan Secukupnya

Pemberian pakan ikan yang terlalu banyak dipercayai menjadi salah satu penyebab air kolam ikan budidaya berubah pH-nya, adapun tips mudah mengatasi hal ini yaitu beri lah pakan ikan secukupnya saja. Pemberian pakan yang cukup tentunya sangat mudah membuat air terjaga pH-nya. Selain itu, air juga tidak mudah kotor dan tentunya selalu jernih.

Gunakan Suplemen pH Air

Tips mudah selanjutnya yaitu gunakanlah suplemen agar air tetap terjaga. Namun, suplemen tersebut harus lah dengan catatan yang tidak menganggu produktivitas dan tumbuh kembang ikan, sehingga aman untuk digunakan pada air kolam budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.