Timbulkan Masalah, Komisi IV Soroti Perhutanan Sosial

oleh -26 views
PDT_0128
Anggota Komisi IV DPR RI Foto : Prima/nr

Panennews.com – Anggota Komisi IV DPR RI Slamet menyoroti kawasan hutan kayu putih di Grobogan, Jawa Tengah yang menjadi lahan jagung sehingga menimbulkan berbagai masalah lingkungan seperti banjir yang mendapat banyak keluhan dari masyarakat.

Adapun Sebelumnya kawasan tersebut menampung air untuk menahan laju genangan air.

“Kawasan hutan kayu putih ini secara konservasi menjadi ketahanan air setelah diubah menjadi lahan jagung sehingga dapat menimbulkan bencana banjir ini banyak menimbulkan keluhan dari warga,”.Ungkap Slamet saat ditemui Parlementaria saat kunjungan kerja komisi IV DPR RI ke Grobogan, Jawa Tengah pada Jumat (24/02/2033).

Baca Juga :   Kelapa Genjah Dorong Ekonomi Masyarakat Karanganyar

Setelah melakukan kunjungan langsung kelapangan ditemui banyak lahan jagung yang semula tumbuhan kayu putih yang dapat juga berguna penahan air agar tidak banjir.

Hal ini terjadi karena kurangnya sinergi dari program yang digagas pemerintah dengan masyarakat yaitu perhutanan sosial.

“Setelah kita melakukan kunjungan ke lapangan kondisinya memang seperti itu artinya perhutanan sosial yang digagas oleh pemerintah belum sinergi dengan masalah lingkungan,”. Tutur Politisi Fraksi PKS ini.

Lebih lanjut, kedepannya Slamet berharap program perhutanan sosial dapat lebih baik lagi sehingga hutan dapat bisa dirasakan banyak manfaat dan tetap terjaga kelestariannya.

Baca Juga :   KLHK Perkuat Mitra Strategis Tata Kelola Sektor Kehutanan

“Ini menjadi PR bagaimana hutan tetap terjaga dan masyarakat dapat memanfaatkannya sehingga tidak sepihak saja, hanya pertaniannya yang berjalan tetapi masyarakat mendapatkan dampak banjirnya,”. Tutup Legislator Dapil Jabar IV itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.